Situmorang, Riduan (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMA ST. THOMAS 3 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
208111072 COVER.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
208111072 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (783kB) | Preview
208111072 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
208111072 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
208111072 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
208111072 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
208111072 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
208111072 BAB I.pdf - Published Version
Download (535kB) | Preview
208111072 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
208111072 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan menulis teks negosiasi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA St. Thomas 3 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 210 orang siswa. Sampel penelitian ini adalah sampel yang langsung ditetapkan untuk menjadi wakil dari populasi yang ada yaitu sebanyak 30 orang siswa dari jumlah populasi 210 orang siswa. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Dari pengolahan data diperoleh hasil pre test dengan rata-rata = 62,67, standard deviasi = 7,16 dengan kategori baik, cukup dan kurang, yakni 23,34% untuk kategori baik, 63,33% untuk kategori cukup dan 13,33% dari kategori kurang. Hasil post test dengan rata-rata = 75,67 standard deviasi = 9,09, dengan kategori sangat baik, baik dan cukup, yakni 26,67% untuk kategori sangat baik, 50% untuk kategori baik, dan 23,33% untuk kategori cukup. Dari uji data hasil pre test dan post test didapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas di dapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, di dapatlah to sebesar 6,10. Selanjutnya to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% dengan df=N-1=30-1=29 dari df =30 diperoleh taraf signifikasi 5%=2,04, karena to yang diperoleh lebih besar dari tabel yaitu 6,10 > 2,04, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA St. Thomas 3 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 801.959 071 2 Sit p |
Keywords: | Model Pembelajaran;Pembelajarn Berbasis Maslah; Teks Negoisasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 06:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15485 |