Nurhabibah (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VII SMP YAYASAN PERGURUAN PANCA JAYA GALANG TAHUN PEMBELAJARAN 2014/ 2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2103111046 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2103111046 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
2103111046 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
2103111046 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2103111046 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
2103111046 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
2103111046 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
2103111046 2103111046 BAB I.pdf - Published Version
Download (511kB) | Preview
2103111046 BAB V.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
2103111046 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Yayasan Perguruan Panca Jaya Galang tahun pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 162 populasi dengan sampel 30 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes essai. Dari pengolahan data menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Yayasan Perguruan Panca Jaya Galang Tahun Pembelajaran 2014/2015 sebelum menggunakan model pembelajaran berbasis masalah masuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata = 63,63 standar deviasi = 4,94 sedangkan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Yayasan Perguruan Panca Jaya Galang Tahun Pembelajaran 2014/2015 sesudah menggunakan model pembelajaran berbasis masalah masuk ke dalam kategori baik dengan rata-rata = 74,33, standar devisasi 5,96. Dari uji data hasil kelas pretest dan posttest didapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas di dapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, di dapatlah to sebesar 7,53. Selanjutnya to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% dengan df=N-1=30-1=29 dari df =30 diperoleh taraf signifikasi 5%=2,04. Karena to yang diperoleh lebih besar dari tabel yaitu 7,53 > 2,04, hipotesis diterima. Dengan demikian, diperoleh kesimpulan bahwa adanya pengaruh yang signifikan atas penggunaan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Yayasan Perguruan Panca Jaya Galang Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 801.959 071 2 Nur p |
Keywords: | Model Pembelajaran Berbasis Masalah,;Teks Eksplanasi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 06:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15483 |