Darayani, Dina Khairunnisa (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI STRUKTUR TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 STABAT TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2113311017 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2113311017 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (753kB) | Preview
2113311017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
2113311017 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
2113311017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
2113311017 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2113311017 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2113311017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2113311017 BAB I.pdf - Published Version
Download (476kB) | Preview
2113311017 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
2113311017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih jelas pengaruh model pembelajaran inquiry dan model pembelajaran ekspositori dalam meningkatkan kemampuan memahami struktur teks eksplanasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Stabat dengan jumlah 280 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 siswa yang diambil secara homogen dengan random control-group design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah penugasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, tepatnya quasi eksperimen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t” dengan rumus t0= (M_y-M_x)/〖SE〗_(Mx-My) . Dari pengolahan data diperoleh hasil post-test kelas ekperimen dan kelas kontrol. Adapun nilai rata-rata kelas eksperimen dengan model pembelajaran inquiry=76,25, standar deviasi=9,13, dan termasuk pada kategori sangat baik sebanyak 20%, kategori baik sebanyak 70% dan kategori cukup sebanyak 10%. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol dengan model pembelajaran ekspositori=64,5, standar deviasi=8,93 dan termasuk pada kategori sangat baik sebanyak 0%, kategori baik sebanyak 47,5%, kategori cukup sebanyak 52,5% dan kategori kurang 0%. Dari hasil uji data post-test diketahui keduanya berdistribusi normal. Dari uji homogenitas diperoleh bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, diperoleh t0 sebesar 5,78, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikasn 5% dan 1% dk=(N1+N2)-2=78. Dari N=40 pada taraf signifikan 5% harga ttabel sebesar=1,99 dan pada taraf signifikan 1% harga ttabel sebesar 2,64. Oleh karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel, yaitu 1,99<5,78>2,64 maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh bukti yang empirik bahwa prestasi belajar siswa yang diterapkan dengan model pembelajaran inquiry berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan memahami struktur teks eksplanasi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Stabat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 801.959 071 2 Dar p |
Keywords: | model pembelajaran inquiry; struktur teks eksplanasi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 06:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15477 |