Putri, Adliya Eka (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 STABAT TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015,. Undergraduate thesis, UNIMED.
2103111001 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2103111001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
2103111001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
2103111001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
2103111001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
2103111001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2103111001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2103111001 BAB I.pdf - Published Version
Download (472kB) | Preview
2103111001 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
2103111001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Stabat. Sampel penelitian berjumlah 32 orang adalah sampel yang ditetapkan dari sebagian jumlah populasi yang ada, sebanyak 182 orang siswa.Penelitian ini bersifat eksperimen dengan model one group pre test and post test design. Dari pengolahan data diperoleh hasil pre test dengan rata-rata 63.125, standar deviasi 8.07, serta lima kategori nilai yakni kategori sangat baik 0%, kategori baik 19%, kategori sedang 28%, kategori kurang 44% dan kategori sangat kurang 9%; sedangkan hasil post-test diperoleh rata-rata 74.843, standar deviasi 8.37, dengan lima kategori nilai yakni kategori sangat baik 19%, kategori baik 41%, kategori sedang 34%, kategori kurang 6%, dan kategori sangat kurang 0%. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah to sebesar 5.3; setelah to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikasi 5% dengan df = N-1 = 32 – 1 = 31, dari df 31 diperoleh taraf signifikan 5% = 2.04. Karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel, yaitu 5.3>2.04, hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh secara posistif terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi oleh siswa kelas X SMK Negeri 1 Stabat Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 801.071 9 Put p |
Keywords: | model pembelajaran berbasis masalah; teks laporan hasil observasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 06:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15473 |