Ramlan, Ahmad (2014) PENGARUH METODE APRESIASI TERHADAP KEMAMPUAN MENGKRITIK DAN MEMUJI PERTUNJUKAN KUDA KEPANG PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 6 BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
208111002 COVER.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
208111002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (849kB) | Preview
208111002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
208111002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
208111002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
208111002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
208111002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
208111002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
208111002 BAB I.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
208111002 BAB V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
208111002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode apresiasi terhadap kemampuan mengkritik dan memuji pertunjukan Kuda Kepang, pada Siswa kelas IX SMP Negeri 6 Binjai tahun pembelajaran 2013/2014, yang berjumlah 74 orang. Sampel penelitian diambil sebanyak 30 orang dari kelas IX 1 dan pengambilan sampel dilakukan secara acak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan one-group pretest-posttest design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes tulis. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”.Dari pengelolaan data diperoleh hasil posttest dengan nilai rata-rata sebesar 75.67 dari 2270 dan standar deviasi sebesar 7.825 dari 1837 termasuk dalam tiga kategori yakni sangat baik sebanyak 5 orang (6.67 %), kategori baik sebanyak 14 orang (46.67 %), dan kategori cukup sebanyak 11 orang (36.67 %). Dari 30 siswa, 25 orang mendapat nilai di atas 70 (83.33 %) dan 5 orang mendapat nilai di bawah 70 (16.67 %).Hasil perhitungan uji “t” diperoleh thitung lebih besar dari ttabel yakni 4.92 > 2.04, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Ini membuktikan bahwa penerapan metode Apresiasi berpengaruh positif terhadap kemampuan berbicara siswa kelas IX SMP Negeri 6 Binjai tahun pembelajaran 2013/2014 dalam mengkritik dan memuji pertunjukan Kuda Kepang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.530 71 Ram p |
Keywords: | Metode apresiasi; Rasa estetis; Mengkritik dan memuji; Relativitas kultur; Keterampilan berbicara. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 05:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15459 |