Syafira, Lailan (2014) PENGARUH PENGGUNAAN METODE SARD TERHADAP KEMAMPUAN MENCERITAKAN PENGALAMAN PRIBADI SISWA KELAS X SMA SWASTA PANCA BUDI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
208111052 COVER.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
208111052 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (789kB) | Preview
208111052 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
208111052 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
208111052 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
208111052 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
208111052 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
208111052 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
208111052 BAB I.pdf - Published Version
Download (651kB) | Preview
208111052 BAB V.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
208111052 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode SARD terhadap kemampuan menceritakan pengalaman pribadi oleh siswa Kelas X SMA Swasta Panca Budi Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Sampel penelitian ini berjumlah 35 orang dari 117 populasi yang ada. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik penarikan sampel secara random, yaitu teknik penarikan sampel dengan setiap anggota populasi diberikan kesempatan yang sama untuk diiikutsertakan atau dipilih ke dalam sampel.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu one group dengan pre test -post test desain kelompok tunggal yang dilakukan pada anggota populasi, yaitu kelas X SMA Swasta Panca Budi Medan dengan sampel penelitian kelas XS-1 sebagai kelas eksperimen. Dalam penelitian ini, kelas eksperimen diberi tes kemampuan menceritakan pengalaman pribadi sebelum dan sesudah menggunakan metode SARD. Dari analisis data yang diperoleh: 1) kelompok pre test memiliki rata-rata 67,14, dengan standar deviasi sebesar 10,64 ; dan 2) kelompok post test memiliki rata-rata 77,57 dengan standar deviasi sebesar 8,97. Hasil perhitungan uji homogenitas varians kelompok sampel yang diteliti diperoleh F hitung = 1,41 dan F tabel = 1,76. Harga Fhitung < Ftabel yaitu 1,41< 1,76. Hal ini membuktikan bahwa variansi populasi adalah homogen. Hasil perhitungan uji t diperoleh to lebih besar daripada ttabel yaitu 4,38> 2,04 pada taraf signifikansi 5% dan Maka perhitungan uji hipotesis nihil (HO) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa Ha (hipotesis alternatif), yakni “kemampuan menceritakan pengalaman pribadi yang diajar dengan menggunakan metode SARD lebih baik daripada kemampuan menceritakan pengalaman pribadi yang diajar tanpa menggunakan metode SARD. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode SARD berpengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan menceritakan pengalaman pribadi oleh siswa kelas X SMA Swasta Panca Budi Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.307 1 Sya p |
Keywords: | Metode SARD; Hakikat bercerita; Pengalaman; Menceritakan pengalaman; Kiat - kiat bercerita; Keefektifan bercerita. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 04:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15449 |