Lisnawati (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SOSIODRAMA TERHADAP KEMAMPUAN BERMAIN DRAMA SISWA KELAS XI SMAN I RUNDENG PEMKO SUBULUSSALAM TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2101111009 COVER.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
2101111009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
2101111009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
2101111009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
2101111009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
2101111009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
2101111009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
2101111009 BAB I.pdf - Published Version
Download (794kB) | Preview
2101111009 BAB V.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
2101111009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Sosiodrama Terhadap Kemampuan Bermain drama Siswa Kelas XI SMAN I Rundeng Pemko Subulussalam Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Rundeng sebanyak 110 orang. Adapun persentase sampel diambil sebanyak 14 % dari keseluruhan siswa atau 30 orang, dan diambil secara acak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one group pre-test-post-test design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes unjuk kerja dalam bentuk penugasan menulis naskah drama. Dari hasil pengolahan data yang di dapat dari lapangan diperoleh nilai raa-rata pre-test adalah 64,9 dan standar deviasi adalah 5,98. Sedangkan, nilai rata-rata post-test adalah 77,36 dan standar deviasi dalah 6,42. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata post-test lebih tinggi dari pre-test. Dengan kata lain, ada peningkatan hasil nilai rata-rata siswa sebelum penerapan model pembelajaran sosiodrama (pre-test) dan sesudah penerapan model pembelajaran sosiodrama (post-test). Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t’. Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh = 15,01 selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% dengan dk= n-1 = 29. Pada tabel t dengan dk=29 diperoleh =2,04 . Kriteria pengujian menyatakan bahwa (Ha) diterima jika (15,01) > , maka hipotesis alternatif diterima yang menyatakan model pembelajaran berpengaruh dalam meningktakan hasil belajar siswa yaitu bermain drama.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.207 12 Lis p |
Keywords: | Model Pembelajaran Sosiodrama; Kemampuan Bermain drama; pengertian sosiodrama |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1600 Drama |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 03:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15439 |