PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBEDAKAN PARAGRAF DEDUKTIF DAN INDUKTIF SISWA SMA NEGERI 3 KISARAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Dongoran, Yunita (2014) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBEDAKAN PARAGRAF DEDUKTIF DAN INDUKTIF SISWA SMA NEGERI 3 KISARAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2101111024 COVER.pdf]
Preview
Text
2101111024 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 2101111024 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2101111024 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (690kB) | Preview
[thumbnail of 2101111024 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
2101111024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of 2101111024 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
2101111024 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 2101111024 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
2101111024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 2101111024 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
2101111024 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 2101111024 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
2101111024 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 2101111024 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
2101111024 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of 2101111024 BAB I.pdf]
Preview
Text
2101111024 BAB I.pdf - Published Version

Download (476kB) | Preview
[thumbnail of 2101111024 BAB V.pdf]
Preview
Text
2101111024 BAB V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 2101111024 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
2101111024 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe STAD pada siswa kelas XII SMA Negeri 3 Kisaran Tahun Pembelajaran 2013/2014. Penelitian ini termasukpenelitian eksperimen Populasi penelitian ini adalah 200 siswa dan sampel penelitian dilakukan terhadap 30 siswa kelas XII SMA Negeri 3 Kisaran Tahun Pembelajarn 2013/2014.Dalam penelitian ini, subjek terdiri dari satu kelompok yaitu kelas eksperimen. Pengukuran dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum eksperimen (pre-test) dan sesudah eksperimen (post-test). Dengan desain ini, pengaruh dari eksperimen dapat diketahui pasti karena telah menggunakan tes awal.Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan, kemampuan siswa membedakan paragraf deduktif dan induktif menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas XII SMA Negeri 3 Kisaran Tahun Pembelajaran 2013/2014 adalah baik dengan nilai rata-rata 74,93. Kemampuan membedakan paragraf deduktif dan induktif sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas XII SMA Negeri 3 Kisaran Tahun Pembelajaran 2013/2014 adalah cukup dengan nilai rata-rata 58,66Model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam membedakan paragraf deduktif dan induktif. Ini terbukti dari hasil uji t diperoleh nilai thitung> ttabel(0,05) yakni 2,11 > 1,70. Untuk itu, perlunya guru bidang studi bahasa Indonesia di sekolah setempat meningkatkan kemampuan membaca yaitu membedakan paragraf deduktif dan induktif dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, karena model pembelajaran ini terbukti berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan membedakan paragraf deduktif dan induktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 808.060 712 Don p
Keywords: paragraf; model pembelajaran kooperatif; STAD; Paragraf Deduktif dan Induktif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 06 Sep 2016 03:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15431

Actions (login required)

View Item
View Item