Hutahaean, Feronika (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 AIR PUTIH TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
2102111009 COVER.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
2102111009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
2102111009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
2102111009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
2102111009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
2102111009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2102111009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
2102111009 BAB I.pdf - Published Version
Download (475kB) | Preview
2102111009 BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
2102111009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam meningkatkan kemampuan menulis teks anekdot. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Air Putih dengan jumlah 246 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 37 siswa yang diambil secara homogen dengan random control-group design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah penugasan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, tepatnya Quasi eksperimen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata pre-test = 65,81, standar deviasi = 9,11 digolongkan pada kategori sangat baik = 2,70%, kategori baik = 43,24%, kategori cukup = 45,94%, dan kategori kurang = 8,10%. Nilai rata-rata post-test = 78,1, standar deviasi = 8,5 dan dikategorikan pada kategori sangat baik = 32,43%, baik = 54,05%, dan kategori cukup = 13,51%. Berdasarkan uji normalitas, hasil pre-test dan post-test dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogeny. Setelah uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan, maka diketahui t0 sebesar 5,96. Selanjutnya t0 tersebut dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan df= N-1, yakni 37-1=36. Dari df 36 diperoleh taraf signifikansi 5%= 2,03. Dengan demikian thitung > ttabel, yakni 5,96 > 2,03 dengan demikian hipotesis alternative (Ha) diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Berbasis Masalah berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks anekdot pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Air Putih tahun pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 801.959 071 2 Hut p |
Keywords: | teks anekdot; struktur teks anekdot; pembelajaran bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 01:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15407 |