Saragih, Lovrova (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD). Masters thesis, UNIMED.
8106172035 Judul.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
8106172035 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
8106172035 Abstrak.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
8106172035 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
8106172035 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
8106172035 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8106172035 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8106172035 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8106172035 Bab I.pdf - Published Version
Download (639kB) | Preview
8106172035 Bab V.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
8106172035 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Apakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (2) Apakah peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa yang memperoleh model pembelajaran STAD lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (3) Bagaimana Aktivitas siswa selama pembelajaran menggunakan model pembelajaran STAD dan model pembelajaran konvensional. (4) Bagaimana penyelesaian masalah siswa pada masing-masing pembelajaran.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 6 Pematangsiantar. Secara acak, dipilih dua kelas sebagai subyek penelitian. Kelas eksperimen diberi model pembelajaran (STAD) dan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran matematika secara biasa. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan pemecahan masalah, tes kemampuan komunikasi matematika dan lembar observasi. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas serta koefisien reliabilitas untuk kemampuan pemecahan masalah matematika dan kemampuan komunikasi matematika.
Hasil utama dari penelitian ini adalah: (1) Peningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model pembelajaran STAD lebih tinggi daripada peningkatan pemecahan masalah siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. (2) Peningkatkan kemampuan komunikasi siswa yang menggunakan model pembelajaran STAD lebih tinggi daripada peningkatkan komunikasi siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. (3) Aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan model pembelajaran STAD secara kuantitas lebih baik dibandingkan dengan aktivitas siswa yang memperoleh pembelajaran matematika secara konvensioanl. (4) Proses penyelesaian masalah siswa yang menggunakan model pembelajaran STAD lebih bervariasi dan sistematis berdasarkan indikator kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematika dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran secara konvensional. Berdasarkan hasil penelitian, maka disarankan agar model pembelajaran STAD pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematika siswa dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk menerapkan pembelajaran matematika yang inovatif, dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, dan memberi kesempatan pada siswa untuk mengungkapkan gagasannya dalam bahasa dan cara mereka sendiri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 516.071 2 Sar p |
Keywords: | Model pembelajaran student teams achievement divisions; Pemecahan masalah; Komunikasi matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 06 Apr 2016 04:52 |
Last Modified: | 06 Apr 2016 04:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1540 |