PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS X SMA NEGERI 14 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Napitupulu, Ira Widyawati (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS X SMA NEGERI 14 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2101111006 COVER.pdf]
Preview
Text
2101111006 COVER.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 2101111006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2101111006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (703kB) | Preview
[thumbnail of 2101111006 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
2101111006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[thumbnail of 2101111006 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
2101111006 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[thumbnail of 2101111006 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
2101111006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 2101111006 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
2101111006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 2101111006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
2101111006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 2101111006 BAB I.pdf]
Preview
Text
2101111006 BAB I.pdf - Published Version

Download (525kB) | Preview
[thumbnail of 2101111006 BAB V.pdf]
Preview
Text
2101111006 BAB V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 2101111006 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
2101111006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih jelas pengaruh model pembelajaran Picture and Picture sebagai kelas eksperimen dan model Ekspositori sebagai kelas kontrol dalam meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 14 Medan dengan jumlah 323 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 68 siswa yang diambil secara homogen dikarenakan setiap kelas memiliki tingkat kemampuan yang sama maka peneliti mengunjuk dua kelas untuk menjadi sampel penelitian. Desain yang dilakukan yaitu post-test only control group design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah penugasan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, tepatnya Quasi eksperimen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t” dengan rumus (M_x-M_y)/〖SE〗_(Mx-My) . Dari pengolahan data diperoleh hasil post-test kelas ekperimen dan kelas kontrol. Adapun nilai rata-rata kelas eksperimen dengan model pembelajaran Picture and Picture = 78,38, standar deviasi=8,20, dan termasuk pada kategori sangat baik sebanyak 29,4%, kategori baik sebanyak 58,8% dan kategori cukup sebanyak 11,7%. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol dengan model Ekspositori= 67,20, standar deviasi=8,68 dan termasuk pada kategori sangat baik sebanyak 5,88%, kategori baik sebanyak 41,17%, kategori cukup sebanyak 52,94% dan kategori kurang 0%. Dari hasil uji data post-test diketahui keduanya berdistribusi normal. Dari uji homogenitas diperoleh bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, diperoleh t0 sebesar 5,40, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel sebesar = 2,00 pada taraf signifikasn 5% dk=(N1+N2)-2=66. Oleh karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel, yaitu 5,40>2,00 maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh bukti yang empirik bahwa model pembelajaran Picture and Picture berpengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi dibandingkan dengan model Ekspositori di SMA Negeri 14 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 801.959 071 2 Nap p
Keywords: teks deskripsi; penyusunan teks deskripsi; jenis- jenis teks; tahapan menulis; teks deskripsi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 05 Sep 2016 10:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15397

Actions (login required)

View Item
View Item