Ariyatna, Ernanda (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2103111021 COVER.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
2103111021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
2103111021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
2103111021 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2103111021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
2103111021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
2103111021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
2103111021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
2103111021 BAB I.pdf - Published Version
Download (500kB) | Preview
2103111021 BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
2103111021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 384 orang siswa. Sampel diambil secara acak kelas yaitu kelas X KA 1 dan X KA 2 yang masing-masing kelas berjumlah 32 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes esai.Dari pengolahan data menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks prosedur kompleks siswa kelas X SMK Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015 dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah di kelas eksperimen masuk ke dalam kategori baik dengan nilai rata-rata = 79,09, standar deviasi = 7,85 sedangkan kemampuan menulis teks prosedur kompleks siswa kelas X SMK Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015 dengan menggunakan model pembelajaran ceramah di kelas kontrol masuk ke dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata = 67,50 standar deviasi = 7,30. Dari uji data hasil kelas eksperimen dan kelas kontrol didapat kedua data berdistribusi normal. Dari uji homogenitas di dapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, di dapatlah to sebesar 6,03. Selanjutnya to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% dengan df=N-1=32-1=31 dari df =32 diperoleh taraf signifikasi 5% = 2,03, karena to yang diperoleh lebih besar dari tabel yaitu 6,03 > 2,03, maka tolak Ho dan terima Ha. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks siswa kelas X SMK Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 801.959 071 2 Ari p |
Keywords: | model pembelajaran; pembelajaran ceramah; prosedur kompleks; pembelajaran berbasis masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 10:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15393 |