Jarot (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN THINK, TALK, AND WRITE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PROPOSAL KEGIATAN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
209111036 COVER.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
209111036 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (734kB) | Preview
209111036 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
209111036 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
209111036 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
209111036 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
209111036 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
209111036 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
209111036 BAB I.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
209111036 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
209111036 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran think, talk, and write terhadap kemampuan menulis proposal kegiatan pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Binjai Tahun Pembelajaran 2013/2014 . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Binjai sebanyak 320 orang. Sampel diambil sebanyak 84 orang dari dua kelas, 42 orang untuk kelas eksperimen dan 42 orang untuk kelas kontrol.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, yaitu untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh strategi yang digunakan. Alat pengumpulan data adalah berupa tes essay dalam bentuk penugasan yaitu menulis proposal kegiatan. Hasil belajar dengan menggunakan strategi pembelajaran think, talk, and write berada dalam katagori baik dengan nilai rata-rata 76,9. Jika dibandingkan dengan pembelajaran yang menggunakan strategi ekspositori, nilai rata-ratanya 63,21 berada dalam katagori cukup. Analisis pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan uji ”t”. Selanjutnya, dari perhitungan uji hipotesis diperoleh harga thitung = 8,16 dan ttabel pada taraf signifikan 5% = 1,99, dengan df = 84-2 = 82, dipergunakan df yang paling dekat dengan 82. Hipotesis lebih efektif apabila ttabel < thitung yaitu 1,99 < 8,16 atau hipotesis alternatif (Ha) diterima yang menyatakan strategi pembelajaran think, talk, and write lebih berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan menulis proposal kegiatan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Binjai Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.066 071 Jar p |
Keywords: | menulis; proposal kegiatan; strategi pembelajaran; ekspositori |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 09:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15377 |