Pardosi, Widyawati Sriningsih (2014) PENGARUH MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (KOOPERATIF TERPADU MEMBACA DAN MENULIS) TERHADAP KEMAMPUAN MEMPARAFRASE PUISI OLEH SISWA KELAS XI SMK N 1 BALIGE TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2103111079 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2103111079 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
2103111079 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
2103111079 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
2103111079 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
2103111079 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2103111079 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
2103111079 BAB I.pdf - Published Version
Download (479kB) | Preview
2103111079 BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
2103111079 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model cooperative integrated reading and composition terhadap kemampuan memparafrase puisi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 399 orang kelas XI Survey SMK N 1 Balige. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 26 orang yang diambil dengan proses simple random sampling.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari pengolahan data, diperoleh rata-rata pretest = 48,07, standar deviasi = 12,72, dan termasuk dalam empat kategori, yaitu kategori baik sebanyak 12%, kategori cukup sebanyak 19%, kategori kurang sebanyak 50% dan sangat kurang 19%. Nilai rata-rata posttest = 76,54, standar deviasi = 14,79, dan termasuk dalam empat kategori, yaitu kategori sangat baik sebanyak 30%, kategori baik sebanyak 46%, kategori cukup sebanyak 12% dan kurang 12%Berdasarkan uji normalitas, hasil pretes dan posttest berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan, didapat dari hasil hitung to sebesar 7,3. Selanjutnya t0 tersebut dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dan 1% dengan dk = N-1, maka 26-1 = 29. Dari df = 30 diperoleh taraf signifikansi 5% sebesar 2,06 dan 1% sebesar 2,79. Diperoleh to> ttabel yakni 2,06 < 7,3 > 2,79. Dengan demikian hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model cooperative integrated reading and composition yang signifikan terhadap kemampuan memparafrase puisi oleh siswa kelas XI SMK N 1 Balige Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.107 1 Par p |
Keywords: | CIRC; puisi; parafrase |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 09:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15370 |