PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN MELALUI PENDEKATAN DIFFERENTIATED INSTRUCTION

Fatimah, Ade Evi (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN MELALUI PENDEKATAN DIFFERENTIATED INSTRUCTION. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 COVER.pdf]
Preview
Text
1 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 2 lembar pengesahan.pdf]
Preview
Text
2 lembar pengesahan.pdf - Published Version

Download (690kB) | Preview
[thumbnail of 3 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 4 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of 5 daftar isi.pdf]
Preview
Text
5 daftar isi.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 6 daftar tabel.pdf]
Preview
Text
6 daftar tabel.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 7 daftar gambar.pdf]
Preview
Text
7 daftar gambar.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 8 daftar lampiran.pdf]
Preview
Text
8 daftar lampiran.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 9 bab 1.pdf]
Preview
Text
9 bab 1.pdf - Published Version

Download (777kB) | Preview
[thumbnail of 13 bab V.pdf]
Preview
Text
13 bab V.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of 14 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar siswa yang memperoleh pembelajaran matematika melalui pendekatan Differentiated Instruction (DI) lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, (2) terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan dan sampelnya dipilih secara acak yaitu kelas X TKJ1 (eksperimen) dan kelas X TITL1 (kelas Kontrol) yang masing-masing berjumlah 24 siswa. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes KAM, (2) tes kemampuan pemecahan masalah pada materi trigonometri, dan (3) skala kemandirian belajar. Instrumen tersebut telah memenuhi syarat validasi serta memiliki koefisien reliabilitas sebesar 0,809 dan 0,737 berturut-turut untuk tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji ANAVA dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar siswa yang memperoleh pembelajaran pembelajaran melalui pendekatan Differentiated Instruction (DI) lebih baik dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional (2) tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar siswa. Peneliti menyarankan agar pendekatan Differentiated Instruction menjadi alternatif bagi guru dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 516.240 712 Fat p
Keywords: Pendekatan differential instruction (DI); kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar siswa; Trigonometri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 06 Apr 2016 04:28
Last Modified: 06 Apr 2016 08:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1537

Actions (login required)

View Item
View Item