Fatimah, Ade Evi (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN MELALUI PENDEKATAN DIFFERENTIATED INSTRUCTION. Masters thesis, UNIMED.
1 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2 lembar pengesahan.pdf - Published Version
Download (690kB) | Preview
3 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
4 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
5 daftar isi.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
6 daftar tabel.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
7 daftar gambar.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8 daftar lampiran.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
9 bab 1.pdf - Published Version
Download (777kB) | Preview
13 bab V.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar siswa yang memperoleh pembelajaran matematika melalui pendekatan Differentiated Instruction (DI) lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, (2) terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan dan sampelnya dipilih secara acak yaitu kelas X TKJ1 (eksperimen) dan kelas X TITL1 (kelas Kontrol) yang masing-masing berjumlah 24 siswa. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes KAM, (2) tes kemampuan pemecahan masalah pada materi trigonometri, dan (3) skala kemandirian belajar. Instrumen tersebut telah memenuhi syarat validasi serta memiliki koefisien reliabilitas sebesar 0,809 dan 0,737 berturut-turut untuk tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji ANAVA dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar siswa yang memperoleh pembelajaran pembelajaran melalui pendekatan Differentiated Instruction (DI) lebih baik dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional (2) tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar siswa. Peneliti menyarankan agar pendekatan Differentiated Instruction menjadi alternatif bagi guru dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 516.240 712 Fat p |
Keywords: | Pendekatan differential instruction (DI); kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar siswa; Trigonometri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 06 Apr 2016 04:28 |
Last Modified: | 06 Apr 2016 08:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1537 |