Manalu, Pienti Mala Ningsih (2014) PENGARUH METODE KWL (KNOW - WANT TO KNOW, LEARNED) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/ 2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
2103111049 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2103111049 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (556kB) | Preview
2103111049 PREFACE.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
2103111049 ABSTRAK ID.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
2103111049 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
2103111049 TABLES.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2103111049 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2103111049 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (516kB) | Preview
2103111049 BAB V.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
2103111049 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode KWL (Know-Want to Know,Learned) terhadap kemampuan memahami teks eksposisi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negei 5 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 yang berjumlah 415 orang siswa. Sampel diambil secara acak kelas yaitu kelas X IPA 2 dan X IPA 6 yang masing-masing kelas berjumlah 40 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif pilihan berganda.Dari pengolahan data diperoleh hasil di kelas eksperimen dengan rata-rata = 79,13, standard deviasi = 10,36 dan termasuk pada kategori sangat baik, baik, cukup dan kurang yakni 35% dari kategori sangat baik, 52,5% dari kategori baik, 10% dari kategori cukup dan 2,5% dari kategori kurang. Hasil di kelas kontrol dengan rata-rata = 67,37 standard deviasi = 11,01 dan dari kategori sangat baik, baik, cukup, dan kurang yakni 12,5% dari kategori sangat baik, 32,5% dari kategori baik, 40% dari kategori cukup,dan 15% dari kategori kurang. Dari uji data hasil kelas eksperimen dan kelas kontrol didapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas di dapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, di dapatlah to sebesar 4,86. Selanjutnya to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% dengan df=N-1=40-1=39 dari df =40 diperoleh taraf signifikasi 5%=2,03, karena to yang diperoleh lebih besar dari tabel yaitu 4,86 > 2,02, maka hipotesis diterima.Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan atas penggunaan metode KWL (Know, Want to Know, Learned) terhadap kemampuan memahami teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.066 071 Man p |
Keywords: | metode KWL; pembelajaran konvensional; membaca; teks eksposisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 07:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15350 |