Siburian, Asi Nurhayati (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERPADU TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI ARTIKEL OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
2103311001 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2103311001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (542kB) | Preview
2103311001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
2103311001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
2103311001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
2103311001 TABLES.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
2103311001 TABLE OF PICTURE.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2103311001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
2103311001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (517kB) | Preview
2103311001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
2103311001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Terpadu terhadap kemampuan memahami artikel tahun pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 8 Medan sebanyak 343 orang. Sampel diambil secara acak sebanyak 60 orang, 30 orang untuk kelas eksperimen dan 30 orang untuk kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen post-test only design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes pilihan berganda. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari hasil penelitian diperoleh kemampuan memahami artikel dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif terpadu oleh siswa kelas X SMA Negeri 8 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata 80,13, dan kemampuan memahami artikel dengan menggunakan model pengajaran langsung oleh siswa kelas X SMA Negeri 8 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 berada pada kategori cukup dengan nilai rata-rata 66,80. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 7,32, selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf 5% maupun 1% dengan dk = (N1+N2) – 2 = (30+30) -2 = 58, maka diperoleh taraf signifikansi 5% = 2,04 dan taraf signifikansi 1% = 2,75. Karena t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 1,67<7,32>2,39, maka dapat dinyatakan Ho (hipotesis nihil) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif terpadu berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan siswa memahami artikel.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.066 071 Sib p |
Keywords: | pembelajaran kooperatif terpadu; model pembeljaran langsung; memahami artikel |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 07:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15349 |