PENGARUH METODE PEMBELAJARAN LISTENING TEAM TERHADAP KETERAMPILAN BERDISKUSI SISWA KELAS IX NEGERI 3 TANJUNG PURA TAHUN AJARAN 2014/2015

Saragih, Dianty Vina W (2014) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN LISTENING TEAM TERHADAP KETERAMPILAN BERDISKUSI SISWA KELAS IX NEGERI 3 TANJUNG PURA TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2101111003 COVER.pdf]
Preview
Text
2101111003 COVER.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 2101111003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2101111003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (602kB) | Preview
[thumbnail of 2101111003 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
2101111003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of 2101111003 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
2101111003 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 2101111003 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
2101111003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 2101111003 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
2101111003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 2101111003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
2101111003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of 2101111003 BAB I.pdf]
Preview
Text
2101111003 BAB I.pdf - Published Version

Download (473kB) | Preview
[thumbnail of 2101111003 BAB V.pdf]
Preview
Text
2101111003 BAB V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 2101111003 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
2101111003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh metode pembelajaran Listening Team terhadap keterampilan berdiskusi siswa kelas IX SMP Negeri 3 Tanjung Pura Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif untuk melihat pengaruh dari suatu perlakuan. Desain eksperimen yang digunakan adalah one group pretest and posttest desaign. Sampel penelitian ini adalah sampel yang langsung ditetapkan untuk menjadi wakil dari populasi yang ada yaitu sebanyak 35 orang siswa dari jumlah populasi 140 orang siswa. Untuk pertemuan pertama diberi pretest, pertemuan selanjutnya diberi metode Listening Team dalam kegiatan berdiskusi. Kemudian diadakan Posttest (tes akhir). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, keterampilan berdiskusi siswa sebelum metode listening team adalah cukup dengan nilai rata-rata 52,57, sedangkan keterampilan berdiskusi dengan metode Listening Team adalah baik dengan nilai rata-rata 72,34. Metode pembelajaran Listening Team berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan keterampilan berdiskusi. Hasil uji t membuktikan bahwa nilai thitung > ttabel(0,05), yakni 9,15 > 2,01.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 418.071 2 Sar p
Keywords: Metode pembelajaran; Pembelajaran listening team; Keterampilan berdiskusi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 05 Sep 2016 06:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15343

Actions (login required)

View Item
View Item