PENGARUH METODE PENUGASAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS BERITA OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 RANTAU SELATAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Sitorus, Elidawati L (2014) PENGARUH METODE PENUGASAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS BERITA OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 RANTAU SELATAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2103311008 COVER.pdf]
Preview
Text
2103311008 COVER.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 2103311008 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2103311008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (865kB) | Preview
[thumbnail of 2103311008 PREFACE.pdf]
Preview
Text
2103311008 PREFACE.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of 2103311008 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
2103311008 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[thumbnail of 2103311008 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
2103311008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 2103311008 TABLES.pdf]
Preview
Text
2103311008 TABLES.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 2103311008 PICTURE.pdf]
Preview
Text
2103311008 PICTURE.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 2103311008 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
2103311008 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[thumbnail of 2103311008 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
2103311008 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (406kB) | Preview
[thumbnail of 2103311008 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
2103311008 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 2103311008 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
2103311008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Penugasan Terhadap Kemampuan Menulis Berita oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Rantau Selatan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rantau Selatan yang berjumlah 248 orang, sementara sampel penelitian diambil secara acak kelas. Kelas yang dijadikan sampel adalah kelas VIII-I sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-2 dijadikan kelas kontrol.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, yakni membandingkan dua kelas. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan metode penugasan dan kelas kontrol diberi perlakuan dengan menggunakan metode pembelajaran ekspositori. Dari distribusi data yang diperoleh, diketahui kelas eksperimen (X) memiliki rata-rata 78,33 dengan standart deviasi sebesar 10,11, standart error 1,89, sementara kelas kontrol (Y) memiliki rata-rata 65,66 dengan standar deviasi sebesar 10,06 dan standart error 1,88.Berdasarkan perhitungan uji normalitas, diketahui bahwa pada X diperoleh harga &#119871;0 (&#119871;&#8462;&#119894;&#119905;&#119906;&#119899;&#119892;) = 0,1049 dan &#119871;&#119905; (&#119871;&#119905;&#119886;&#119887;&#119890;&#119897;) = 0,161. Ternyata &#119871;&#8462;&#119894;&#119905;&#119906;&#119899;&#119892; < &#119871;&#119905;&#119886;&#119887;&#119890;&#119897; yaitu 0,1049 < 0,161. Hal ini membuktikan bahwa data hasil pembelajaran menulis berita dengan menggunakan metode penugasan berdistribusi normal. Pada Y diperoleh harga &#119871;0 (&#119871;&#8462;&#119894;&#119905;&#119906;&#119899;&#119892;) = 0,145 dan &#119871;&#119905; (&#119871;&#119905;&#119886;&#119887;&#119890;&#119897;) = 0,161. Ternyata &#119871;&#8462;&#119894;&#119905;&#119906;&#119899;&#119892; < &#119871;&#119905;&#119886;&#119887;&#119890;&#119897; yaitu 0,145 < 0,161. Hal ini membuktikan bahwa data hasil pembelajaran menulis berita dengan menggunakan metode ekspositori berdistribusi normal. Berdasarkan homogenitas yang telah dilakukan, maka dapat nilai &#119865;&#8462;&#119894;&#119905;&#119906;&#119899;&#119892; = 0,138 dengan &#119865;&#119905;&#119886;&#119887;&#119890;&#119897; = 42,6, dk = 29. Jadi &#119865;&#8462;&#119894;&#119905;&#119906;&#119899;&#119892; < &#119865;&#119905;&#119886;&#119887;&#119890;&#119897; yaitu 0,138 < 42,6. Nilai t untuk &#120572; = 0,05 dan dk = 30+30-2 = 58, diperoleh harga &#119905;&#119905;&#119886;&#119887;&#119890;&#119897; = 2,01. Dengan membandingkan antara &#119905;&#8462;&#119894;&#119905;&#119906;&#119899;&#119892; dengan &#119905;&#119905;&#119886;&#119887;&#119890;&#119897; diperoleh &#119905;&#8462;&#119894;&#119905;&#119906;&#119899;&#119892; > &#119905;&#119905;&#119886;&#119887;&#119890;&#119897; atau 4,74 > 2,01, sehingga &#119867;&#119886; diterima. Disimpulkan bahwa pembelajaran menulis berita lebih efektif menggunakan metode pembelajaran penugasan dibandingkan metode pembelajaran ekspositori pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Rantau Selatan tahun pembelajaran 2013/2014

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 808.071 2 Sit p
Keywords: Menulis berita; Striktur berita; Unsur berita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 05 Sep 2016 06:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15337

Actions (login required)

View Item
View Item