Sitorus, Elidawati L (2014) PENGARUH METODE PENUGASAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS BERITA OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 RANTAU SELATAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
2103311008 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2103311008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (865kB) | Preview
2103311008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
2103311008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
2103311008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
2103311008 TABLES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2103311008 PICTURE.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
2103311008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
2103311008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
2103311008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
2103311008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Penugasan Terhadap Kemampuan Menulis Berita oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Rantau Selatan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rantau Selatan yang berjumlah 248 orang, sementara sampel penelitian diambil secara acak kelas. Kelas yang dijadikan sampel adalah kelas VIII-I sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-2 dijadikan kelas kontrol.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, yakni membandingkan dua kelas. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan metode penugasan dan kelas kontrol diberi perlakuan dengan menggunakan metode pembelajaran ekspositori. Dari distribusi data yang diperoleh, diketahui kelas eksperimen (X) memiliki rata-rata 78,33 dengan standart deviasi sebesar 10,11, standart error 1,89, sementara kelas kontrol (Y) memiliki rata-rata 65,66 dengan standar deviasi sebesar 10,06 dan standart error 1,88.Berdasarkan perhitungan uji normalitas, diketahui bahwa pada X diperoleh harga 𝐿0 (𝐿ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔) = 0,1049 dan 𝐿𝑡 (𝐿𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙) = 0,161. Ternyata 𝐿ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 < 𝐿𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitu 0,1049 < 0,161. Hal ini membuktikan bahwa data hasil pembelajaran menulis berita dengan menggunakan metode penugasan berdistribusi normal. Pada Y diperoleh harga 𝐿0 (𝐿ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔) = 0,145 dan 𝐿𝑡 (𝐿𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙) = 0,161. Ternyata 𝐿ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 < 𝐿𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitu 0,145 < 0,161. Hal ini membuktikan bahwa data hasil pembelajaran menulis berita dengan menggunakan metode ekspositori berdistribusi normal. Berdasarkan homogenitas yang telah dilakukan, maka dapat nilai 𝐹ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 0,138 dengan 𝐹𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 42,6, dk = 29. Jadi 𝐹ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 < 𝐹𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitu 0,138 < 42,6. Nilai t untuk 𝛼 = 0,05 dan dk = 30+30-2 = 58, diperoleh harga 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 2,01. Dengan membandingkan antara 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 dengan 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 diperoleh 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 atau 4,74 > 2,01, sehingga 𝐻𝑎 diterima. Disimpulkan bahwa pembelajaran menulis berita lebih efektif menggunakan metode pembelajaran penugasan dibandingkan metode pembelajaran ekspositori pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Rantau Selatan tahun pembelajaran 2013/2014
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.071 2 Sit p |
Keywords: | Menulis berita; Striktur berita; Unsur berita |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 06:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15337 |