Simbolon, Jenita (2014) PENGARUH PENERAPAN MODELPEMBELAJARAN JARINGAN KERJA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAHPIDATO SISWA KELAS IX SMP HANG TUAH 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
209311013 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
209311013 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (863kB) | Preview
209311013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
209311013 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
209311013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
209311013 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
209111030 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
209111030 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
209311013 BAB I.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
209311013 BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
209311013 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
Abstract
Penelitan ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh modelpembelajaran jaringan kerja terhadap kemampuan menulis naskah pidato olehsiswa kelas IX SMP Hang Tuah 2 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas IX SMP Hang Tuah 2 Medan yangberjumlah 124 orang. Sementara sampel penelitian yang diambil secara acak kelas(cluster random sampling). Kelas yang dijadikan sampel adalah kelas IX-1sebagai kelas eksperimen dan kelas IX-2 dijadikan kelas kontrol.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, yakni membandingkandua kelas. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan modelpembelajaran jaringan kerja dan kelas kontrol diberi perlakuan denganmenggunakan model pembelajaran langsung. Dari distribusi data yang diperoleh,diketahui kelas X1 memiliki rata-rata 79,3 dengan standar deviasi sebesar 8,87,sementara kelas X2 memiliki rata-rata 65,9 dengan standar deviasi sebesar 8,45.Berdasarkan perhitungan uji normalitas, diketahui bahwa pada X1diperoleh harga L0 (Lhitung) = 0,1406 dan Lt (Ltabel) = 0,161. Ternyata Lhitung<Ltabelyaitu 0,1406 < 0,161. Hal ini membuktikan bahwa data hasil pembelajaranmenulis naskah pidato dengan menggunakan model pembelajaran jaringan kerjaberdistribusi normal. Pada X2 diperoleh harga L0 (Lhitung) = 0,1510 dan Lt (Ltabel) =0,161. Ternyata Lhitung<Ltabel yaitu 0,1510 < 0,161. Hal ini membuktikan bahwadata hasil pembelajaran menulis naskah pidato dengan menggunakan modelpembelajaran langsung berdistribusi normal. Berdasarkan homogenitas yang telahdilakukan, maka didapat nilai 𝐹ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 4,31 dengan 𝐹𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 2,04 dk pembilangdan penyebut 30 + 30 - 2 = 58. Jadi, 𝐹ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝐹𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitu 3,41 > 2,04.Nilai t, t 0= 5,99. t t 5% = 2,01 dan tt 1% = 2,68 karena t 0 yang diperolehlebih besar dari t t yaitu 2,01 < 5,99 > 2,68. Maka hipotesis alternatif (Ha)diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran jaringankerja lebih berpengaruh dibandingkan model pembelajaran langsung dalammeningkatkan kemampuan menulis naskah pidato oleh siswa kelas IX SMP HangTuah 2 Medan tahun pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.510 712 Sim p |
Keywords: | Menulis; Naskah Pidato; Model Pembelajaran; Jaringan Kerja; Pembelajaran Langsung |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 03:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15323 |