Purwati, Emi (2014) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SCAFFOLDINGDALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI OLEHSISWA KELAS X SMA SWASTA MERANTI TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
209311048 COVER.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
209311048 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
209311048 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
209311048 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
209311048 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
209311048 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
209311048 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
209311048 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
209311048 BAB I.pdf - Published Version
Download (450kB) | Preview
209311048 BAB V.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
209311048 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas modelpembelajaran scaffolding dalam meningkatkan kemampuan menulis paragrafargumentasi oleh siswa kelas X SMA Swasta Meranti tahun pembelajaran2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMASwasta Meranti dengan jumlah 141 siswa. Sampel diambil sebanyak dua kelas,yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berjumlah 70 siswa, yangdiambil secara homogen dengan random sampling (acak). Instrumen yangdigunakan untuk menjaring data adalah penugasan. Metode yang digunakandalam penelitian ini adalah metode eksperimen, tepatnya post-test only controlgroup design. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t.Dari distribusi data yang diperoleh: 1) variabel X memiliki nilai rata-rata79,11 dengan standar deviasi sebesar 9,88; dan 2) variabel Y memiliki nilai ratarata69,6 dengan standar deviasi sebesar 8,83.Dari hasil perhitungan uji normalitas diperoleh: 1) variabel X memperolehharga Lo (Lhitung) = 0,1257 dan Lt (Ltabel) = 0,1498. Ternyata Lhitung < Ltabel yaitu0,1257 < 0,1498. Hal ini membuktikan bahwa data hasil kemampuan menulisparagraf argumentasi dengan model pembelajaran scaffolding berdistribusinormal; dan 2) variabel Y memperoleh harga LO (Lhitung) = 0,1428 dan Lt (Ltabel) =0,1498. Ternyata Lhitung < Ltabel yaitu 0,1428 < 0,1498. Hal ini membuktikanbahwa data hasil kemampuan menulis paragraf argumentasi dengan modelekspositori berdistribusi normal.Dari hasil perhitungan homogenitas varians kedua kelompok sampel yangditeliti, diperoleh Fhitung = 1,25 dan Ftabel = 1,84. Harga Fhitung < Ftabel yaitu 1,25 <1,84. Hal ini membuktikan bahwa variansi populasi adalah homogen.Dari hasil perhitungan uji t diperoleh t0 > ttabel yaitu 2,03 < 4,20 > 2,72pada taraf signifikan 5% dan 1%. Maka perhitungan uji hipotesis nihil (Ho) ditolakdan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini berarti dalam kemampuan menulisparagraf argumentasi dengan menggunakan model pembelajaran scaffolding lebihefektif dibandingkan dengan model ekspositori.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.530 712 Pur e |
Keywords: | Model Pembelajaran; Scaffolding; Keunggulan dan Kelemahan; Model Ekspositori; Kemampuan Menulis; Paragraf; Argumentasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 03:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15316 |