Nasution, Muhammad Rizky (2014) PENGARUH PENERAPAN TEKNIK PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PANYABUNGAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
209311025 COVER.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
209311025 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
209311025 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
209311025 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
209311025 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
209311025 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
209311025 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
209311025 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
209311025 BAB I.pdf - Published Version
Download (507kB) | Preview
209311025 BAB V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
209311025 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan teknik peta pikiran terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Panyabungan tahun ajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Panyabungan T.A. 2013/2014 yang terdiri dari 6 kelas yang terdiri dari 240 siswa. Dari populasi tersebut diambil sampel penelitian sebanyak 80 orang dibagi menjadi 40 siswa sebagai kelas kontrol dan 40 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel adalah secara sampling acak atau random sampling. Metode penelitian ini bersifat quasi eksperimen (eksperimen semu), hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi dengan menggunakan metode ceramah termasuk kategori kurang dengan nilai rata-rata 48,3. Kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi dengan menggunakan teknik peta pikiran termasuk ke dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 72,25. Selanjutnya pengujian hipotesis menunjukkan thitung (12,3) > ttabel (1,99) pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, berarti teknik peta pikiran (mind mapping) berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Panyabungan T.A. 2013/2014. Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan menggunakan teknik peta pikiran lebih baik daripada hasil pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah. Dan proses pembelajaran dengan menggunakan teknik peta pikiran berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.802 071 2 Nas p |
Keywords: | Menulis; Karangan Deskripsi; Teknik Peta Pikiran; Prosedur; Kelebihan dan Kelemahan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 03:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15314 |