Tumanggor, Arifah Primadiaty (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLB TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH PIDATO SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
209111006 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
209111006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (533kB) | Preview
209111006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
209111006 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
209111006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
209111006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
209111006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
209111006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
209111006 BAB I.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
209111006 BAB V.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
209111006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kolb terhadap kemampuan menulis Naskah Pidato siswa kelas X SMA Negeri 2 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Medan sebanyak 482 siswa. Sampel diambil sebanyak 80 siswa dari dua kelas, 40 siswa untuk kelas eksperimen dan 40 siswa untuk kelas kontrol.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, yaitu untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model yang digunakan. Alat pengumpulan data adalah berupa tes essay dalam bentuk penugasan yaitu menulis naskah pidato. Dari pengolahan data diperoleh hasil post-test kelas ekperimen dan kelas kontrol. Adapun nilai rata-rata kelas eksperimen dengan model pembelajaran Kolb = 75,8, standar deviasi=8,74, dan termasuk pada kategori sangat baik sebanyak 22,5%, kategori baik sebanyak 60% dan kategori cukup sebanyak 17,5%. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol dengan moel pembelajaran Konvensional= 67,3, standar deviasi=10,18 dan termasuk pada kategori sangat baik sebanyak 17,5%, kategori baik sebanyak 32,5%, dan kategori cukup sebanyak 50%. Dari hasil uji data post-test diketahui keduanya berdistribusi normal. Dari uji homogenitas diperoleh bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Analisis pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan uji ”t”. Selanjutnya, dari perhitungan uji hipotesis diperoleh harga thitung = 3,97 dan ttabel pada taraf signifikan 5 %: ts = 1,99, dengan db = 80-2 = 78, dipergunakan db yang paling dekat dengan 78. Hipotesis lebih efektif apabila ts< to yaitu 1,99 < 3,97, atau hipotesis diterima yang menyatakan model pembelajaran kolb lebih berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan menulis naskah pidato siswa kelas X SMA Negeri 2 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.510 712 Tum p |
Keywords: | Kemampuan Menulis; Model Pembelajaran Kolb; Penulisan Naskah; Pidato; Teknik Menulis; Struktur dan Menyusun |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 03:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15313 |