PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK BERCERITA BERPASANGAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 35 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Silaban, Magdalena Hardina (2014) PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK BERCERITA BERPASANGAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 35 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 209411013 COVER.pdf]
Preview
Text
209411013 COVER.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 209411013 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
209411013 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 209411013 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
209411013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 209411013 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
209411013 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 209411013 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
209411013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[thumbnail of 209411013 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
209411013 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of 209411013 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
209411013 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 209411013 BAB I.pdf]
Preview
Text
209411013 BAB I.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview
[thumbnail of 209411013 BAB V.pdf]
Preview
Text
209411013 BAB V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 209411013 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
209411013 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan teknik bercerita berpasangan terhadap kemampuan menulis cerpen oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Medan yang berjumlah 270 orang orang. Sedangkan sampel penelitian ini diambil secara acak sebanyak 40 orang.Penelitian dalam skripsi ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan bentuk desain one grouppre-test post-test design, desain dilakukan observasi sebanyak 2 kali yaitu sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen. Desain penelitian ini dilaksanakan pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding. desain ini terdapat pre-test, sebelum dilakukan perlakuan. Dengan demikian hasil perlakuan dapat lebih akurat, karena dapat membandingkan dengan keadaan sebelum diberi perlakuan.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada kelas VIII SMP Negeri 35 Medan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh teknik bercerita berpasangan terhadap kemampuan menulis cerpen. . Hal ini dibuktikan dari hasil pre-test dengan skor 2545 dengan nilai rata-rata 63,62 dan hasil post-test 3060 dengan nilai rata-rata 76,5. Kemudian, dilakukan uji hipotesis uji t, didapat dan = 2,02 karena > (8,93 > 2,02) maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, pembelajaran dengan menggunakan model peta pikiran berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan menulis cerpen siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 808.307 12 Sil p
Keywords: Kemampuan; Menulis; Cerpen; Unsur-unsur Cerpen; Cerpen Yang Baik; Teknik Bercerita Berpasangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 05 Sep 2016 02:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15301

Actions (login required)

View Item
View Item