Yoannita, Dhea Christien (2014) PENGARUH METODE SQ3R TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KEMBALI ISI CERPEN SISAWA KELAS IX SMP SMP SWASTA KRISTEN IMMANUEL MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
209411003 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
209411003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
209411003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
209411003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
209411003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
209411003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
209411003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
209411003 BAB I.pdf - Published Version
Download (463kB) | Preview
209411003 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
209411003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran SQ3R tehadap kemampuan menulis kembali isi cerpen pada siswa kelas IX SMP Swasta Kristen Immanuel Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah 114 Siswa dan sampel penelitian dilakukan terhadap 38 siswa kelas IX SMP Swasta Kristen Immanuel Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.Pengambilan sampel dilakukan secara acak atau random. Selanjutnya Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah kemampuan menuliskankembali isi cerpensebelum menggunakan metode SQ3R, kemampuan menuliskan kembali isi cerpensetelah menggunakan metodeSQ3R, dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metodeSQ3R dalam meningkatkan kemampuan menuliskan kembali isi cerpen. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan, kemampuan menulis kembali isi cerpen oleh siswa kelas IX SMP Swasta Kristen Immanuel Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 adalah cukup dengan nilai rata-rata 66,84. Kemampuan menulis kembali isi cerpen yang menggunakan metode SQ3R pada siswa kelas IX SMP Swasta Kristen Immanuel Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 adalah baik dengan nilai rata-rata 77,63. Metode SQ3R berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan siswa menulis kembali isi cerpen. Hal ini terbukti dari hasil uji t diperoleh nilai thitung> ttabel(0,05), yakni 2,02 < 6,09 > 2,71. Untuk itu perlunya guru bidang studi bahasa Indonesia di sekolah setempat meningkatkan pembelajaran menulis kembali isi cerpen dengan menerapkan metode SQ3R, karena metode ini terbukti berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan menulis kembali isi cerpen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.307 12 Yoa p |
Keywords: | Metode Pembelajaran; Metode SQ3R; Kelebihan dan Kekurangan; Cerpen; Menulis; Pembangun Cerpen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 02:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15297 |