Sinaga, Elnawati (2014) PENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR INTRINSIK CERPEN OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 DOLOK PARDAMEAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
209111023 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
209111023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (520kB) | Preview
209111023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
209111023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
209111023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
209111023 TABLES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
209111023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
209111023 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
209111023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (451kB) | Preview
209111023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
209111023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti dibatasi pada rendahnya kemampuan siswa dalam mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik cerpen pada kelas kontrol, yaitu kelas yang tidak diberikan perlakuan model group investigation. Oleh karena itu, yang menjadi rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana kemampuan siswa mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik cerpen dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model group investigation terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik cerpen siswa kelas X SMA Negeri 1 Dolok Pardamean Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Dolok Pardamean Tahun Pembelajaran 2013/2014 sebanyak 121 siswa. Dari 121 siswa tersebut, 60 siswa dijadikan sampel penelitian dengan menggunakan teknik kelompok atau cluster sampling. Kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik cerpen pada kelas kontrol adalah cukup dengan nilai rata-rata 65,66. Kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik cerpen pada kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran model group investigation adalah baik dengan nilai rata-rata 77,66. Model group investigation berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan siswa mengidentifikasi unsur intrinsik cerpen. Untuk itu perlunya guru bidang studi bahasa Indonesia di sekolah setempat meningkatkan pembelajaran mengidentifikasi unsur intrinsik cerpen kepada siswa dengan menerapkan model group investigation, karena model pembelajaran ini terbukti berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik cerpen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.307 22 Sin p |
Keywords: | Model Group Investigation; Langkah-langkah; Kelebihan dan Kekurangan; Model Pengajaran Langsung; Cerpen; Unsur-unsur Instrinsik Cerpen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 02:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15295 |