Limbong, Reni Fransisca (2014) PENGARUH PEMBELAJARAN PETA KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN OLEH SISWA KELAS X SMA RK SERDANG MURNI LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
209111060 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
209111060 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (686kB) | Preview
209111060 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
209111060 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
209111060 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
209111060 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (7kB)
209111060 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
209111060 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
209111060 BAB I.pdf - Published Version
Download (421kB) | Preview
209111060 BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
209111060 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Peta Konsep tehadap kemampuan menulis cerpen pada siswa kelas X SMA RK Serdang Murni Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah 130 Siswa dan sampel penelitian dilakukan terhadap 32 siswa kelas X SMA RK Serdang Murni Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2013/2014. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one group pre test and post test design. Dari pengolahan data diperoleh hasil pre test sebanyak 1739 dengan rata-rata 54, standar deviasi 8,13 dan selanjutnya nilai rata-rata tersebut disesuaikan dengan peringkat nilai sesuai dengan ketentuan Arikunto maka nilai pre test siswa berada pada kategori baik 6,25%, kategori cukup 46,87% dan kategori kurang sebanyak 43,75%. Hasil post test sebanyak 2432 dengan rata-rata 76, standar deviasi 8,38, dengan kategori sangat baik 25%, kategori baik 56,25% dan kategori cukup 18,75%. Dari uji data hasil pre test dan post test didapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas,didapatlah t0= 10,52, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan df= N-1 = 32-1 = 31. Dari df = 31 diperoleh taraf signifikansi 5% = 1,70. Karena t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 10,52 > 1,70, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Untuk itu perlunya guru bidang studi bahasa Indonesia di sekolah setempat meningkatkan pembelajaran menulis cerpen dengan menerapkan pembelajaran peta konsep, karena pembelajaran ini terbukti berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan menulis cerpen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.307 12 Lim p |
Keywords: | Pembelajaran Peta Konsep; Langkah-langkah; Kelebihan dan Kelemahan; Kemampuan Menulis; Cerpen; Unsur-unsur Intrinsik Cerpen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 02:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15293 |