Sitanggang, Dewi Larmeishin (2014) HUBUNGAN KEMAMPUAN MMEMAHAMI WACANA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI PADA SISWA KELAS X SMA SANTO THOMAS 4 BINJAI TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 209311038 COVER.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
2. NIM. 209311038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (681kB) | Preview
4. NIM. 209311038 PREFACE.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
3. NIM. 209311038 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
5. NIM. 209311038 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
6. NIM. 209311038 TABLES.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7. NIM. 209311038 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
9. NIM. 209311038 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (447kB) | Preview
13. NIM. 209311038 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
8. NIM. 209311038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan memahami wacana dengan kemampuan menulis paragraf argumentasi pada siswa kelas X SMA Santo Thomas 4 Binjai. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Santo Thomas 4 Binjai tahun Ajaran 2013/2014, yang berjumlah 154 orang dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 40 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara acak (random sampling). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes pilihan berganda dan tes penugasan (tes esai). Tes pilihan berganda digunakan untuk mengetahui kemampuan memahamu siswa, sedangkan tes penugasan( tes esai_ digunakan untuk mengetahui kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa kemampuan memahami siswa adalah sebagai berikut (a) 70% berada posisi sangat baik, (b) 20% berada pada posisi baik, (c) 10% berada pada posisi cukup. Sedangkan kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa adalah sebagai berikut (a) 32,5% berada pada posisi sangat baik, (b) 42, 5% berada pada posisi baik, (c) 20% berada pada posisi cukup, (d) 5% berada pada posisi kurang. Berdasarkan pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata tingkat kemampuan memahami wacana siswa adalah 80, 875 dan termasuk pada kategori sangat baik (70%), baik (20%), dan cukup (10%).. Nilai rata-rata kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa adalah 72, 125 dan termasuk pada kategori sangat baik (32, 5%), baik (42, 5%), cukup (20%). Kurang (5%).Berdasarkan uji normalitas, variabel X diperoleh nilai Lo = 0,111 dan variabel Y diperoleh Lo = 0,107, kemudian setelah dikonsultasikan dengan Lt pada taraf signifikansin 0,05, diperoleh Lt = 0, 145. Artinya, uji normalitas setiap variabel diperoleh Lo<Lt, yaitu (0,107<0,143) dan (0,107 < 0,143) dinyatakan normal.Setelah dilakukan uji normalitas dan linearitas, selanjutnya dilakukan uji hipotesis. Dari tabel product moment pada taraf signifikansi 5% (N=40) didapat r=0,312. Setelah harga r dikonsultasikan terhadap rtabel ternyata rxy > rtabel atau 0,386 > 0,312 maka rxy memenuhi kriteria pengujian hipotesis atau dengan kata lain terdapat hubungan antara variabel kemampuan memahami wacana dengan variabel kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMA Santo Thomas 4 Binjai Tahun Ajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.530 712 Sit h |
Keywords: | Memahami Wacana; Indikator; Kemampuan; Menulis; Paragraf Argumentasi; Hubungan Membaca Dengan Menulis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 02 Sep 2016 10:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15281 |