Saragih, Zahra Addina (2014) PENGARUH PENGAJARAN MIMESIS TERHADAP KEMAMPUAN MENGAPRESIASI PUISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 PEMATANGSIANTAR TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
209311090 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
209311090 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
209311090 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
209311090 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
209311090 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
209311090 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
209311090 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
209311090 BAB I.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
209311090 BAB V.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
209311090 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengajaran mimesis terhadap kemampuan mengapresiasi puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 4 pematangsiantar tahun ajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini berjumlah 160 siswa. Dari populasi tersebut, di tentukan 60 siswa yang diambil secara random sampling sebagai sampel penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian two group post test desaign. Intrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes esai. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa kemampuan siswa dalam mengapresiasi puisi dengan menerapkan model pengajaran langsung termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa 72,8, sedangkan kemampuan siswa dalam mengapresiasi puisi dengan menerapkan pengajaran mimesis termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata yang di peroleh siswa adalah 82. Selanjutnya, hasil dari hipotesis t_(hitung ) > t_tabel atau 4,30 > 2,01 pada taraf signifikan ∝ = 0,05. Dengan demikian hotopesis nihil atau h_0 di tolak dan hipotesis alternatif atau h_(a )diterima. Artinya pengajaran mimesis berpengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan mengapresiasi puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 4 pematangsiantar tahun ajaran 2013/2014.Dengan kata lain hasil pembelajaran mengapresiasi puisi dengan menerapkan pengajaran mimesis lebih baik dari pada hasil pembelajaran dengan memodalkan pengajaran langsung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.107 12 Sar p |
Keywords: | Puisi; Apresiasi; Metode; Mimesis; Tema |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 02 Sep 2016 10:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15280 |