Sari, Indah Putri Permata (2014) EFEKTIVITAS METODE QUANTUM TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN MENANGGAPI ISI LAPORAN PADA SISWA KELAS VIII SMP BUDI MULIA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
071222110062 COVER.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
071222110062 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (568kB) | Preview
071222110062 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
071222110062 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
071222110062 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
071222110062 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
071222110062 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
071222110062 BAB I.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
071222110062 BAB V.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
071222110062 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pembelajaran menanggapi isi laporan dengan menggunakan metode quantum teaching dan metode ceramah. Metode pembelajaran mana yang lebih efektif antara metode quantum teaching dengan metode ceramah dalam meningkatkan kemampuan siswa menanggapi isi laporan. Penelitin ini dilakukan di SMP Budi Mulia Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 70 orang. Karena jumlah populasi di sekolah tersebut sedikit, sampel yang diambil untuk diteliti adalah sebanyak 70 orang yaitu 35 orang kelas VIII-1 ditetapkan sebagai kelas eksperimen dan 35 orang VIII-2 ditetapkan sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen uji t dengan model two group post-test only. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan menanggapi isi laporan. Tes ini diberikan hanya satu kali pada masing-masing kelas. Hal ini dikarenakan penelitian ini bersifat komparatif. Harga skor variabel X dan variabel Y dibandingkan satu dengan yang lain dengan menggunakan uji t. Kemampuan menanggapi isi laporan dengan menggunakan metode quantum teaching diperoleh nilai rata-rata 75,571 sedangkan dengan menggunakan metode ceramah diperoleh nilai rata-rata 69,857. Berdasarkan perhitungan dengan uji t diperoleh nilai to =2,758 kemudian dikonsultasikan dengan t tabel pada taraf signifikansi 5 % maupun 1% dengan dk=(N1-N1) ternyata to diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 2,00<2,758>2,65 sehingga hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa metode quantum teaching lebih efektif digunakan dalam menanggapi isi laporan daripada metode ceramah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 410.071 Sar e |
Keywords: | Belajar; Pembelajaran; Senior High School |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 02 Sep 2016 10:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15264 |