PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 ADIANKOTING TAHUN AJARAN 2013/2014

Hutagalung, Erny Fitri (2014) PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 ADIANKOTING TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 208311035 COVER.pdf]
Preview
Text
208311035 COVER.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 208311035 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
208311035 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (603kB) | Preview
[thumbnail of 208311035 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
208311035 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 208311035 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
208311035 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of 208311035 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
208311035 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of 208311035 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
208311035 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 208311035 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
208311035 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 208311035 BAB I.pdf]
Preview
Text
208311035 BAB I.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[thumbnail of 208311035 BAB V.pdf]
Preview
Text
208311035 BAB V.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 208311035 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
208311035 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah ada Pengaruh Model Quantum Teaching terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Adiankoting T.A 2013/2014?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Quantum Teaching terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Adiankoting T.A 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Adiankoting yang berlokasi di Jalan Tarutung - Sibolga Km.25 T.A 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Adiankoting yang terdiridari 3 kelas. Sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas.Kelas X-1 sebagai kelas Eksperimen berjumlah 40 orang yang diajarkan dengan model pembelajaran Quantum Teaching dan kelas X-2 sebagai kelas Kontrol berjumlah 40 orang yang diajarkan dengan Metode Ceramah. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes kemampuan menulis paragraf deskripsi dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Data yang diperoleh dianalisa melalui uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis yang dijadikan acuan untuk membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis paragraf deskripsi dengan model Quantum Teaching lebih tinggi dari kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa yang diajarkan dengan metode ceramah. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan model Quantum Teaching adalah sebesar 80.875 sedangkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode ceramah adalah sebesar 72.125. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung>ttabelyaitu 4.39 > 1.994 pada taraf signifikan 95% dan α= 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara model Quantum Teaching terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi Kelas X di SMA Negeri 1 Adiankoting T.A 2013 / 2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 410.071 Hut p
Keywords: Belajar; Pembelajaran; Senior high School
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 02 Sep 2016 10:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15263

Actions (login required)

View Item
View Item