Tumanggor, Handika Simorata (2015) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK PEMBELAJARAN MEMBACA ALQURAN DI PESANTREN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8106121008 COVER.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
2. NIM. 8106121008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (616kB) | Preview
3. NIM. 8106121008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
4. NIM. 8106121008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
5. NIM. 8106121008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
7. NIM. 8106121008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 8106121008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
6. NIM. 8106121008 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM. 8106121008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (518kB) | Preview
13. NIM. 8106121008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
14. NIM. 8106121008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kelayakan multimedia
interaktif untuk pembelajaran membaca Alquran di pesantren. (2) Hasil belajar
siswa yang diajarkan dengan menggunakan multimedia interaktif lebih tinggi
daripada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan media grafis
sketsa pada pembelajaran membaca Alquran di pesantren.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan produk
Borg dan Gall yang dipadu dengan pengembangan pembelajaran Dick, Carey dan
Carey. Data tentang kelayakan produk yang dikembangkan dikumpulkan dengan
metode observasi, wawancara, dan angket. Data yang telah dikumpulkan pada
tahap pengujian kelayakan produk dianalisis dengan deskriptif kualitatif,
selanjutnya pada tahap pengujian keefektifan produk dianalisis dengan deskriptif
kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan produk adalah: (1)
validasi ahli materi pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (95%), (2)
validasi ahli desain pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (89%), (3)
validasi ahli media pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (95%), (4)
uji coba terbatas berada pada kualifikasi sangat baik (97,47%), (5) uji coba lebih
luas berada pada kualifikasi sangat baik (90,89%).
Pengujian keefektifan produk menggunakan metode kuasi eksperimen
dengan sampel penelitian sebanyak 80 siswa yang terdiri dari 40 siswa kelas
eksperimen yang dibelajarkan dengan menggunakan multimedia interaktif dan 40
siswa kelas kontrol yang dibelajarkan dengan menggunakan media grafis sketsa.
Hasil pengujian hipotesis keefektifan produk menunjukkan bahwa terdapat
perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan
menggunakan multimedia interaktif dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan
dengan menggunakan media grafis sketsa. Hasil pengolahan data diperoleh bahwa
thitung=2,988 pada taraf signifikasi α=0,05 dengan dk=78 diperoleh ttabel=1,997
sehingga thitung>ttabel, disimpulkan bahwa hasil belajar membaca Alquran
kelompok yang diajarkan dengan menggunakan multimedia interaktif lebih tinggi
daripada kelompok yang diajarkan dengan menggunakan media grafis sketsa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.39 Tum p |
Keywords: | Membaca Alquran; Ilmu Tajwit; Multimedia Pembelajaran interaktif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 06 Apr 2016 03:27 |
Last Modified: | 20 Apr 2016 01:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1520 |