Sinaga, Grace Eunike (2014) IMPLEMENTASI KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN INKUIRI TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN KIMIA LARUTAN DI SMA KELAS XI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA DAN NILAI KARAKTER SISWA. Masters thesis, UNIMED.
NIM.8126142009.COVER.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
NIM.8126142009.LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (653kB) | Preview
NIM.8126142009.ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
NIM.8126142009.DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
NIM.8126142009.KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
NIM.8126142009.DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
NIM.8126142009.DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
NIM.8126142009.BAB I.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
NIM.8126142009.BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
NIM.8126142009.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Perbedaan yang
signifikan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan model pembelajaran
langsung , model pembelajaran berbasis masalah dan inkuiri terbimbing, dan
model pembelajaran berbasis masalah dan inkuiri terbimbing dengan komputer,
(2) Perbedaan yang signifikan karakter kerja keras, kreativitas, peduli lingkungan,
gemar membaca dan rasa ingin tahu (KKPGR) siswa yang diajar dengan
menggunakan model pembelajaran langsung, model pembelajaran berbasis
masalah dan inkuiri terbimbing, dan model pembelajaran berbasis masalah dan
inkuiri terbimbing dengan komputer, dan (3) hubungan antara karakter siswa
dengan hasil belajar kimia siswa terhadap model pembelajaran yang diterapkan.
Penelitian ini bersifat eksperimental. Populasi penelitian adalah seluruh siswa
SMA kelas XI di kota Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Teknik pengambilan
sampel dengan menggunakan Purposive Sampling, yaitu SMAN 2, SMAN 7 dan
SMAN 17 Medan masing masing sebanyak 3 kelas. Instrumen penelitian berupa
tes hasil belajar kimia dan observasi peningkatan nilai karakter siswa. Teknik
analisis data yang digunakan adalah analisis varians (Anova) 1 arah (One way
Anova) dengan SPSS 20 for windows pada taraf signifikansi α = 0,05.
Berdasarkan hasil pengolahan data, disimpulkan (1) Secara signifikan terdapat
perbedaan hasil belajar kimia antara siswa yang diajar dengan model
pembelajaran langsung, model pembelajaran berbasis masalah dan inkuiri
terbimbing, dan model pembelajaran berbasis masalah dan inkuiri terbimbing
dengan komputer. (2) Secara signifikan terdapat perbedaan nilai karakter KKPGR
yang terkembang antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung,
model pembelajaran berbasis masalah dan inkuiri terbimbing, dan model
pembelajaran berbasis masalah dan inkuiri terbimbing dengan komputer. (3)
Secara signifikan terdapat hubungan hasil belajar dengan nilai karakter KKPGR
yang terkembang diantara siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung
, model pembelajaran berbasis masalah dan inkuiri terbimbing, dan model
pembelajaran berbasis masalah dan inkuiri terbimbing dengan komputer
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 546.071 2 Sin m |
Keywords: | Pembelajaran berbasis masalah; Inkuiri Terbimbing dan Pembelajaran Langsung;Media Pembelajaran; Pendidikan Karakter |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 06 Apr 2016 07:57 |
Last Modified: | 07 Apr 2016 01:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1516 |