Patmi (2013) PENGARUH PENDEKATAN KONTRUKTIVISME TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS NILAI-NILAI DALAM CERPEN PASAR JONGJONG SISWA KELAS X SMA SWASTA AL-ULUM MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
208311097 COVER.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
208311097 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (423kB) | Preview
208311097 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
208311097 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
208311097 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
208311097 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
208311097 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
208311097 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
208311097 BAB I.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
208311097 BAB V.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
208311097 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (738kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan Kontruktivisme Terhadap Kemampuan Menganalisis Nilai-Nilai dalam Cerpen “Pasar Jongjong” Siswa Kelas X SMA Swasta Al-Ulum Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain eksperimen one group pretest posttest design untuk mengetahui efektif tidaknya pendekatan pembelajaran yang digunakan. Alat pengumpul data adalah tes tertulis dalam bentuk esei. Hasil belajar dengan menggunakan pendekatan kontruktivisme dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 76. Jika dibandingkan dengan pembelajaran yang tidak menggunakan pendekatan kontruktivisme dengan kategori cukup dengan nilai rata-rata 52. Analisis pemerolehan data dalam penelitian ini menggunakan uji “t”. Selanjutnya dari perhitungan uji hipotesis diperoleh diketahui, selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf 5% maupun 1% dengan df = (N1 + N2) - 2 = (20 + 20) - 2 = 38. Pada tabel t dengan df = 38 diperoleh taraf signifikan 5% = 2,024 dan 1% = 2,712. Karena t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 2,024< 6,252 >2,712.Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh bukti empirik bahwa Kemampuan menganalisis nilai-nilai cerpen dengan menggunakan pendekatan kontruktivisme lebih baik daripada kemampuan menganalisis nilai-nilai dalam cerpen dengan tidak menggunakan pendekatan kontruktivisme.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.307 1 Pat p |
Keywords: | Cerpen; Pembelajaran; Konstrutivisme; Nilai; Desain |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 14 Mar 2017 03:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15141 |