Lubis, Yusnelli (2013) PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK DISCUSSION STARTER STORY ( CERITA PEMULA DISKUSI ) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X MAN 2 MODEL MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
208311137 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
208311137 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (511kB) | Preview
208311137 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
208311137 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
208311137 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
208311137 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
208311137 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
208311137 BAB I.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
208311137 BAB V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
208311137 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh teknik pembelajaran Discussion Starter Story ( cerita pemula diskusi ) terhadap kemampuan dalam menulis cerpen tahun pembelajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA MAN 2 Model Medan sebanyak 328 orang. Sampel diambil secara acak sebanyak 68 orang, 34 orang untuk kelas eksperimen dan 34 orang untuk kelas kontrol.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes esay dalam bentuk penugasan. Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 75,15, sedangkan untuk kelas kontrol adalah 65,85. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata kemampuan menulis cerpen kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 8,05, selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf 5% maupun 1% dengan dk = (N1+N2) – 2 = (34 + 34) – 2 = 66, maka diperoleh taraf signifikansi 5% = 2,00 dan taraf signifikansi 1% = 2,65. Setelah dikonsultasikan, ternyata to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 2,00 < 4,13 > 2,65. Karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel, maka dapat dinyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan Teknik Discussion Starter Story ( cerita pemula diskusi ) lebih berpengaruh daripada teknik Ekspositori dalam menulis cerpen
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.307 1 Lub p |
Keywords: | Cerpen; Diskusi; Pembelajaran; Menulis |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 14 Mar 2017 04:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15140 |