Andari, Rizka (2012) PENGARUH PENERAPAN TEKNIK CLUSTERING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SUNGGAL TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
208311110 COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
208311110 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (991kB) | Preview
208311110 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
208311110 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
208311110 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
208311110 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
208311110 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
208311110 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
208311110 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
208311110 BAB I.pdf - Published Version
Download (393kB) | Preview
208311110 BAB V.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
208311110 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik pembelajaran clustering terhadap kemampuan menulis puisi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 300 orang kelas X SMA Negeri 1 Sunggal. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 37 orang yang diambil dengan teknik kluster. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes essay. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu atau Quasi Eksperiment. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata pretes = 64,32, standar deviasi = 8,79, dan termasuk dalam kategori yaitu kategori baik sebanyak 37,84%, kategori cukup sebanyak 51,35%, dan kategori kurang sebanyak 10,81%. Nilai rata-rata postes = 76,22, standar deviasi = 9,03, dan termasuk dalam tiga kategori, yaitu kategori sangat baik sebanyak 29,73%, kategori baik sebanyak 51,35%, kategori cukup sebanyak 18,92%. Berdasarkan uji normalitas, hasil pretes dan postes berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan, maka diketahuilah sebesar 5,7. Selanjutnya tersebut dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5 % maupun 1% dengan dk=N-1, maka 37-1=36. Karena harga t tabel dengan dk = 36 pada α = 0.05 mapun 0,01 tidak terdaftar pada daftar tabel, maka t tabel diperoleh dengan interpolasi. Dari interpolasi dapat diketahui bahwa harga t tabel dengan dk = 36, pada α = 0.05mapun 0,01 masing-masing adalah 2.028 dan 2,718. Dengan demikian hasil perhitungan uji t diperoleh lebih besar daripada t tabel yakni 2.028<5,7 > 2,718 pada taraf signifikasi 5% dan 1%, maka perhitungan hipotesis nihil ( ) ditolak dan hipotesis alternatif ( ) diterima.Akhirnya dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan teknik pembelajaran clustering terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Sunggal Tahun Pembelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.107 1 And p |
Keywords: | Teknik; Clustering; Menulis; Puisi; Unsur |
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania P Language and Literature > PN Literature (General) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 13 Mar 2017 03:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15129 |