Siregar, Rohani Wahyuni (2012) PENGARUH MEDIA PHOTO STORY (FOTO CERITA) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KREATIF NASKAH DRAMA OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PADANG SIDIMPUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
208311111 COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
208311111 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (416kB) | Preview
208311111 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
208311111 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
208311111 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
208311111 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
208311111 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
208311111 BAB I.pdf - Published Version
Download (527kB) | Preview
208311111 BAB V.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
208311111 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media photo story (foto cerita) terhadap kemampuan menulis kreatif naskah drama oleh siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Padang Sidimpuan Tahun Pembelajaran 2012/2013. Sampel penelitian ini berjumlah 30 orang dari 250 populasi yang ada. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik penarikan sampel secara probabiliti, yaitu teknik penarikan sampel dengan setiap anggota populasi diberikan kesempatan yang sama untuk diiikutsertakan atau dipilih ke dalam sampel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu one group dengan pre test -post test desain kelompok tunggal yang dilakukan pada anggota populasi, yaitu kelas VIII SMP Negeri 2 Padang Sidimpuan dengan sampel penelitian kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen. Dalam penelitian ini, kelas eksperimen diberi tes kemampuan menulis kreatif naskah drama satu babak sebelum dan sesudah menggunakan media photo story (foto cerita). Dari analisis data yang diperoleh: 1) kelompok pre test memiliki rata-rata 66,46, dengan standar deviasi sebesar 10,95 ; dan 2) kelompok post test memiliki rata-rata 78,43 dengan standar deviasi sebesar 8,73. Hasil perhitungan uji homogenitas varians kelompok sampel yang diteliti diperoleh F hitung = 1,57 dan F tabel = 1,85. Harga Fhitung < Ftabel yaitu 1,57< 1,85. Hal ini membuktikan bahwa variansi populasi adalah homogen. Hasil perhitungan uji t diperoleh to lebih besar daripada ttabel yaitu 4,62> 2,04 pada taraf signifikansi 5% dan Maka perhitungan uji hipotesis nihil (HO) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa Ha (hipotesis alternatif), yakni “kemampuan menulis kreatif naskah drama satu babak siswa yang diajar dengan menggunakan media photo story (foto cerita) lebih baik daripada kemampuan menulis kreatif naskah drama satu babak siswa yang diajar tanpa menggunakan media photo story (foto cerita)” diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media photo story (foto cerita) berpengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan menulis kreatif naskah drama satu babak oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Padang Sidimpuan Tahun Pembelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 410.071 Sir p |
Keywords: | photo story; menulis; kemampuan siswa |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education P Language and Literature > PN Literature (General) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 14 Mar 2017 05:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15114 |