Zakiah (2015) PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM TIPE DISCOVERY DAN TIPE PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. Masters thesis, UNIMED.
8136141013 Judul.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8136141013 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
8136141013 Abstrak.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
8136141013 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (606kB) | Preview
8136141013 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
8136141013 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
8136141013 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
8136141013 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
8136141013 Bab I.pdf - Published Version
Download (836kB) | Preview
8136141013 Bab V.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
8136141013 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (477kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan penuntun praktikum dibidang
pendidikan kimia. Tujuan penelitan ini adalah (1) Mendapatkan penunutun praktikum
berdasarkan sintak-sintak tipe Discovery dan tipe Project Based Learning,
(2)Mendapatkan penuntun praktikum tipe Discovery dan tipe Project Based Learning,
(2) Perbedaan peningkatan hasil belajar secara signifikan yang dibelajarkan dengan
menggunakan penuntun praktikum tipe Discovery dan tipe Project Based Learning, (3)
Efektifitas proses pembelajaran yang dibelajarkan dengan menggunakan penuntun
praktikum tipe Discovery dan tipe Project Based Learning. Adapun tahapan dalam
penelitian ini adalah (1) Analisis sintak model pembelajaran Discovery dan Project
Based Learning untuk mengetahui komponen penuntun praktikum kimia sesuai
dengan tipe Discovery dan tipe Project Based Learning, (2) Menyusun dan
mengembangkan penuntun praktikum kimia materi elektrolit dan non elektrolit yang
sesuai dengan sintak tipe Discovery dan tipe Project Based Learning, (3) Standarisasi
atau uji kelayakan atau uji kelayakan penuntun praktikum kepada validator guru dan
Dosen, (4) Implementasi penuntun praktikum kepada siswa kelas X SMA Negeri 2
Sigli, (5) Menganalisis efektifitas penuntun praktikum tipe Discovery dan tipe Project
Based Learning pada pembelajaran elektrolit dan non elektrolit yang telah diuji
cobakan. Hasil uji kelayakan penuntun praktikum tipe Discovery 3.41 dan penuntun
praktikum tipe Project Based Learning 3.50. Sedangkan efektifitas penggunaan
penuntun praktikum tipe Discovery dan tipe Project Based Learning yang dilihat dari
hasil belajar siswa diketahui bahwa kelas eksperimen I yang menggunakan penuntun
praktikum tipe Discovery rata-rata 86.00 dengan peningkatan hasil belajar 71.4%
sedangkan kelas eksperimen II yang menggunakan penuntun praktikum tipe Project
Based Learning rata-rata 81.75 dengan peningkatan hasil belajar sebesar 58.8%. Maka
dapat disimpulkan bahwa penuntun praktikum tipe Discovery dan tipe Project Based
Learning layak untuk digunakan sebagai penuntun praktikum di sekolah, dengan
peningkatan hasil belajar menggunakan penuntun praktikum tipe Discovery lebih
tinggi nilainya dibandingkan dengan penuntun praktikum tipe Project Based Learning.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541.372 071 2 Zak p |
Keywords: | Pengembangan Penuntun Praktikum; Tipe Discovery; Tipe Project Based Learning. |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Apr 2016 01:41 |
Last Modified: | 07 Apr 2016 05:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1509 |