Apriani, Eka Wulan (2012) PENGARUH METODE LEARNING STARTS WITHA QUESTION TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ARTIKEL OLEH SISWA KELAS XISMA NEGERI I KUALUH HULU TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
208311030 BAB II.pdf - Published Version
Download (670kB) | Preview
208311030 BAB III.pdf - Published Version
Download (949kB) | Preview
208311030 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
208311030 BAB IV.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
208311030 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
208311030 BAB V.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
208311030 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
208311030 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
208311030 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
208311030 BAB I.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
208311030 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
Abstract
Penelitan ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh penggunaan metode learningstarts with a question terhadap kemampuan menulis artikel siswa kelas XI SMANegeri 1 Kualuh Hulu Tahun Pembelajaran 2012/2013. Populasi penelitian iniseluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kualuh Hulu Tahun Pembelajaran2012/2013 yang berjumlah 308 orang, sementara sampel penelitian yang diambilsecara acak (random sampling) adalah 80 orang. Penelitian ini menggunakanmetode eksperimen, yakni membandingkan dua kelompok, yaitu kelompok yangdiberikan pembelajaran menulis artikel dengan menggunakan metode learningstarts with a question atau kelas eksperimen (variabel X) dan kelompok yangdiberi pembelajaran menulis artikel dengan menggunakan metode konvensionalatau kelas kontrol (variabel Y). Dari distribusi data yang diperoleh, diketahuibahwa variabel X memiliki rata-rata 77,37 dengan standar deviasi sebesar 7,97,sementara variabel Y memiliki rata-rata 70,02 dengan standar deviasi sebesar7,47.Berdasarkan perhitungan uji normalitas, deketahui bahwa pada variabel Xdiperoleh harga L0 (Lhitung) = -0,099dan Lt (Ltabel) = 0140. Ternyata Lhitung < Ltabelyaitu -0,099 < 0,140. Hal ini membuktikan bahwa data hasil pembelajaranmenulis artikel dengan menggunakan metode learning starts with a questionberdistribusi normal. Pada variabel Y diperoleh harga L0 (Lhitung) = -0,133dan Lt(Ltabel) = 0,140. Ternyata Lhitung < Ltabel yaitu -0,133 < 0,140. Hal ini membuktikanbahwa data hasil pembelajaran menulis artikel dengan menggunakan metodekonvensional berdistribusi normal.Hasil perhitungan uji homogenitas varians kedua kelompok sampel yang ditelitidiperoleh X2hitung = 4,07dan X2tabel = 55,8. Harga X2hitung < X2tabel yaitu 4,07 <55,8. Hal ini membuktikan bahwa variansi populasi adalah homogen. Hasilperhitungan uji t diperoleh to lebih besar daripada ttabel yaitu 1.99< 4,711 > 2.64pada taraf signifikansi 5%. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis penelitian, yakni“bahwa metode learning starts with a question lebih efektif digunakan dalammenulis artikel daripada metode konvensional (ceramah). lebih baik daripadakemampuan menulis artikel siswa yang diajar dengan menggunakan metodekonvensional” diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa adapengaruh learning starts with a question terhadap kemampuan menulis artikelsiswa kelas XI SMA Negei I Kualuh Hulu Tahun Pembelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 410.071 Apr p |
Keywords: | menulis artikel; metode LSQ |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Feb 2017 04:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15084 |