Nasution, Ahmad Asrul (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS X MAN 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
208311004 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
208311004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
208311004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
208311004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
208311004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
208311004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
208311004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
208311004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
208311004 BAB I.pdf - Published Version
Download (491kB) | Preview
208311004 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
208311004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia terhadap kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi pada siswa kelas X MAN 1 Medan tahun pembelajaran 2012/2013. Sampel penelitian ini berjumlah 60 orang dari 380 populasi yang ada. Teknik yang digunakan dalam penentuan sampel adalah teknik sampel acak. Sampel tersebut akan dibagi menjadi dua kelas, yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen dikenai perlakuan dengan menggunakan multimedia, sedangkan kelas kontrol dikenai perlakuan dengan menggunkan media gambar.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian control group pretest postest. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis karangan narasi.Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 80,33 sedangkan untuk kelas kontrol adalah 71,33. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa nilai tes kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji t diperoleh thitung = 5,113 pada taraf signifikan α = 5% dari daftar distribusi t dk (n-1) = 30-1 = 29, maka diperoleh ttabel = 2,002 dan pada taraf signifikansi α = 1% dari daftar distribusi t dk (n-1) = 30-1 = 29, ttabel = 2,656 . Jadi, thitung > ttabel = 2,002 < 5,113 > 2,656. Dengan demikian, Ho ditolak dan Ha diterima, artinya penggunaan multimedia berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan menulis karangan narasi. Berdasarkan data di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan multimedia berpengaruh digunakan dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas X MAN 1 Medan Tahun Pembelajaran 2012/ 2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 410.071 NAs p |
Keywords: | Narasi; karangan; sari karangan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 13 Feb 2017 03:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15068 |