Wahyuni, Ita (2012) PENGARUH STRATEGI SYNERGETIC TEACHING (PENGAJARAN SINERGIS) TERHADAP PEMBELAJARAN DRAMA OLEH SISWA KELAS SMA NEGERI 1 TALAWI KABUPATEN BATU BARA TAHUN PEMBELAJARAN 2011/ 2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
208311054 COVER.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
208311054 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
208311054 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
208311054 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
208311054 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
208311054 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
208311054 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
208311054 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
208311054 BAB I.pdf - Published Version
Download (449kB) | Preview
208311054 BAB V.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
208311054 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan strategi Synergetic Teaching (Pengajaran Sinergis) Terhadap Pembelajaran Drama dalam mengidentifikasi peristiwa. Pelaku, perwaakannya, dialog dan konflik pada pementasan drama Oleh Siswa Kelas SMA Negeri 1 Talawi Kabupaten Batu Bara Tahun Pembelajaran 2011/ 2012. Sampel penelitian ini berjumlah 34 orang dari 165 populasi yang ada. Sampel tersebut akan dibagi menjadi dua kelas, yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen dikenai perlakuan strategi Synergetic Teaching (Pengajaran Sinergis), sedangkan kelas kontrol dikenai perlakuan metode ceramah.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian control post-tes only desain group. Instrumen yang digunakan adalah mengidentifikasi peristiwa. Pelaku, perwaakannya, dialog dan konflik pada pementasan drama dari segi unsur intrinsik dalam bentuk essay.Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 80,29 sedangkan untuk kelas kontrol adalah 75,29. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa nilai tes kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji t diketahui 3,205 selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf 5% maupun 1% dengan dk = (N1+N2) – 2 = 66, maka diperoleh diperoleh taraf signifikansi 5% = 2,00 dan taraf signifikansi 1% = 2,65. Setelah dikonsultasikan, ternyata to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 2,00 < 3,205 > 2,65. Karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel, maka dapat dinyatakan Ho ditolak dan Ha diterima, artinya penggunaan strategi strstegi synergetic teaching (pengajaran sinergis) digunakan dalam meningkatkan kemampuan mengidentifikasi peristiwa. Pelaku, perwaakannya, dialog dan konflik pada pementasan drama.Berdasarkan data di atas, dapat disimpulkan bahwa Strategi Synergetic Teaching (Pengajaran Sinergis) digunakan dalam meningkatkan kemampuan mengidentifikasi peristiwa. Pelaku, perwaakannya, dialog dan konflik pada pementasan drama Oleh Siswa Kelas SMA Negeri 1 Talawi Kabupaten Batu Bara Tahun Pembelajaran 2011/ 2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 410.071 Wah p |
Keywords: | pembelajaran aktif; strategi pembelajaran; pengajaran sinergis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 13 Feb 2017 03:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15066 |