Samosir, Mely Christin Natalia (2014) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TARI MELAYU MATERI TARI MAK INANG DI SMP BINA BUDAYA KISARAN KABUPATEN ASAHAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
209441005 COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
209441005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (616kB) | Preview
209441005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
209441005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
209441005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
209441005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
209441005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
209441005 BAB I.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
209441005 BAB V.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
209441005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
Abstract
Sebelum penelitian ini dilaksanakan metode pembelajaran tari yang digunakan di kelas vii SMP bina budaya kisaran adalah metode konvensional. Hal ini menyebabkan nilai siswa pada materi tari Mak inang belum mencapai KKM yang ditetapkan yaitu 65. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa tersebut dengan menerapkan metode demonstrasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode demonstrasi. Disamping itu penelitian ini juga menyertakan beberapa pengertian untuk membantu penulis dalam menerapkan metode demonstrasi. Pengertian tersebut adalah pengertian penerapan, pengertian meningkatkan hasil belajar, pengertian tari Melayu, dan pengertian tari Mak Inang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Bina Budaya Kisaran Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 15 orang. Penelitian kelas ini diambil berdasarkan hasil observasi terhadap kelas yang akan diteliti. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tes awal sebelum diberikan tindakan terlihat bahwa nilai rata-rata kelas 59,00 dan jumlah persentase ketuntasan klasikal hanya mencapai 26,67%. Pada tindakan siklus I dengan penerapan metode demonstrasi diperoleh nilai rata-rata kelas 64,33 dengan persentase ketuntasan klasikal 53,33%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dari nilai sebelum diterapkan metode demonstrasi. Pada tindakan siklus II diperoleh nilai rata-rata 81,00 dengan persentase ketuntasan 100%. Dengan penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar pada materi tari mak inangkelas vii smp Bina Budaya Kisaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 793.310 712 Sam p |
Keywords: | Metode Demonstrasi; Tari Melayu; Tari Mak Inang |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education M Music and Books on Music > ML Literature on music > ML3400 Dance music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 02 Sep 2016 08:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15047 |