Nurmairina (2015) IMPLEMENTASI BUKU AJAR KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DI 5 (LIMA) SMP KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8126181013 COVER.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2. NIM. 8126181013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (542kB) | Preview
3. NIM. 8126181013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
4. NIM. 8126181013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM. 8126181013 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
6. NIM. 8126181013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (489kB) | Preview
10. NIM. 8126181013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
11. NIM. 8126181013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang Implementasi kurikulum 2013 pada buku pelajaran IPS di lima SMP di Kota Medan. Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi buku ajar kurikulum 2013 pada pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan menganalisis (1). Implementasi kurikulum 2012 pada buku ajar IPS, (2). kesesuaian bahasa dan grafika pada buku ajar IPS, (3). Bagaimana kendala dan solusi yang dihadapi guru dalam implementasi buku ajar kurikulum 2013 pada mata pelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan statistik deskriptif dan kualitatif deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah buku kurikulum 2013. Implementasi kurikulum 2013 pada buku ajar IPS diukur dengan mengunakan angket, Melalui hasil statistik deskriptif menunjukan bahwa t_hitung adalah –0,869 Sementara nilai t_(tabel ) 2,074 pada taraf signifikansi 0,05 dengan dk=22 ≤ 2,50. Maka dapat disimpulkan bahwa Ho diterima, Ha ditolak dengan demikian hasil penelitian menunjukan bahwa, sebagaian besar buku kurikulum 2013 belum sesuai dengan kurikulum 2013 dan belum layak untuk dijadikan buku ajar siswa kelas VII, sehingga masih memerlukan hasil analisis ulang. Dari hasil wawancara ahli bahasa dan grafika diketahui bahwa sebagian besar penyajian bahasa dan grafika dalam buku ajar IPS perlu direvisi ulang. Dari hasil wawancara dengan guru diketahui bahwa terdapat beberapa kendala dalam menggunakan buku ajar IPS seperti ketersedian buku, keterbatasan materi dalam buku, sehingga guru mengantisipasi dengan membagikan 1 buku untuk 2 siswa karena kekurangan buku, dan untuk kekurangan materi guru masih menggunakan buku tambahan lain selain buku kurikulum 2013.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Nur i |
Keywords: | Implementasi Kurikulum 2013;Buku Ajar Siswa; Mata Pelajaran IPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 06 Apr 2016 08:00 |
Last Modified: | 07 Apr 2016 06:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1500 |