Panjaitan, Lastiur Citra Dewi (2012) MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA MELALUI PEMANFAATAN BARANG BEKAS UNTUK ALAT PERKUSI BERKOLABORASI DENGAN PIANIKA DALAM PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SMP NEGERI 2 BANGUNPURBA TAHUN AJARAN 2012 /2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
61222510050 COVER.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
61222510050 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
61222510050 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
61222510050 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
61222510050 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
61222510050 BAB I.pdf - Published Version
Download (391kB) | Preview
61222510050 BAB V.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
61222510050 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan keterampilan siswa dalam memainkan instrumen dari barang bekas untuk alat perkusi berkolaborasi dengan pianika di SMP Negeri 2 Bangun Purba. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP kelas VIII Negeri 2 Bangun Purba sedangkan Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-4 yang terdiri dari 35 siswa yang diambil dengan tehnik Purposive sampling. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 bulan untuk dua siklus penelitian. Data yang diolah dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif, data kualitatif diperoleh dari data observasi, wawancara, dan dokumentasi sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil tes teori dasar musik dan tes praktek memainkan instrument barang bekas untuk alat perkusi berkolaborasi dengan pianika. Peneliti ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan tes yang dilakukan dapat diketahui hasil belajar siswa meningkat dalam setiap tes yang dilakukan, hal ini terlihat dari data yang diperoleh pada saat pre tes presentase siswa yang tuntas dalam belajar adalah 28.57%, sedangkan pada tahap post tes pertama presentase ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 51.43%, sedangkan pada tahap post tes yang kedua presentase keberhasilan belajar siswa meningkat menjadi 88.57%.Hasil pengamatan selama kegiatan belajar mengajar berlangsung terlihat siswa sangat termotifasi dan tertarik untuk belajar memainkan instrumen barang bekas untuk perkusi dengan pianika. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran yang kreatif dalam praktek dan latihan dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam memahami teori musik dan instrumen barang bekas untuk alat perkusi berkolaborasi dengan pianika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 792.071 Pan m |
Keywords: | kreativitas; perkusi; pianika |
Subjects: | M Music and Books on Music > M Music > M5 Instrumental music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Feb 2017 03:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14966 |