PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN SMK-2 YAPIM SIMPANG KAWAT T.P. 2015/2016

Febridayana, Lidya (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN SMK-2 YAPIM SIMPANG KAWAT T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 7123141071 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7123141071 COVER.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7123141071 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7123141071 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7123141071 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7123141071 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7123141071 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7123141071 PREFACE.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7123141071 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7123141071 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7123141071 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7123141071 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7123141071 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7123141071 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7123141071 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7123141071 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7123141071 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7123141071 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (473kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7123141071 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7123141071 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7123141071 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7123141071 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada
mata pelajaran kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh model pembelajaran Inquiry dan Problem Based Learning terhadap
hasil belajar siswa juga untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar
siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Inquiry dan siswa yang
diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata
pelajaran Kewirausahaan SMK-2 YAPIM Simpang Kawat TP. 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X jurusan Akuntansi yang berjumlah 72
orang. Sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan dari populasi yaitu kelas X
Ak-1 (Eksperimen I) yang berjumlah 36 orang dan X Ak-2 (Eksperimen II) yang
berjumlah 36 orang. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan
data adalah objektif tes berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal
dengan 4 pilihan jawaban.
Hasil analisis data setelah diberikan perlakuan dengan masing-masing
model pembelajaran menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen I
sebesar 80,5556 dan standar deviasi sebesar 10,1965. Sedangkan nilai rata-rata
kelas eksperimen II adalah sebesar 73,3333 dan standar deviasi 10,2120.
Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistik uji-t dengan dk= n1
+ n2 – 2 pada taraf signifikan 95% α=0,05. Dari perhitungan hipotesis diperoleh
thitung sebesar 2,96 dan ttabel sebesar 1,667. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan
bahwa thitung > ttabel (2,98 > 1,667) maka hipotesis diterima.
Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif
yang signifikan model pembelajaran Inquiry dan model Problem Based Learning
terhadap hasil belajar siswa. Dan hasil belajar dengan menggunakan model
pembelajaran Inquiry lebih tinggi dengan persentase peningkatan hasil belajar
sebesar 31,20% dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan
model Problem Based Learning dengan persentase peningkatan hasil belajar
sebesar 27,27% pada mata pelajaran menangani Kewirausahaan kelas X SMK-2
YAPIM Simpang Kawat T.P 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 ADP 027
Keywords: Model Pembelajaran Inquiry; Model Pembelajaran Problem Based Learning;Hasil Belajar Siswa
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty.
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 30 Aug 2016 08:03
Last Modified: 30 Aug 2016 08:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14935

Actions (login required)

View Item
View Item