Febridayana, Lidya (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN SMK-2 YAPIM SIMPANG KAWAT T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123141071 COVER.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
2. NIM. 7123141071 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
3. NIM. 7123141071 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
4. NIM. 7123141071 PREFACE.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
5. NIM. 7123141071 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
6. NIM. 7123141071 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 7123141071 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 7123141071 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
9. NIM. 7123141071 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (473kB) | Preview
13. NIM. 7123141071 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
14. NIM. 7123141071 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada
mata pelajaran kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh model pembelajaran Inquiry dan Problem Based Learning terhadap
hasil belajar siswa juga untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar
siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Inquiry dan siswa yang
diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata
pelajaran Kewirausahaan SMK-2 YAPIM Simpang Kawat TP. 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X jurusan Akuntansi yang berjumlah 72
orang. Sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan dari populasi yaitu kelas X
Ak-1 (Eksperimen I) yang berjumlah 36 orang dan X Ak-2 (Eksperimen II) yang
berjumlah 36 orang. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan
data adalah objektif tes berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal
dengan 4 pilihan jawaban.
Hasil analisis data setelah diberikan perlakuan dengan masing-masing
model pembelajaran menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen I
sebesar 80,5556 dan standar deviasi sebesar 10,1965. Sedangkan nilai rata-rata
kelas eksperimen II adalah sebesar 73,3333 dan standar deviasi 10,2120.
Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistik uji-t dengan dk= n1
+ n2 – 2 pada taraf signifikan 95% α=0,05. Dari perhitungan hipotesis diperoleh
thitung sebesar 2,96 dan ttabel sebesar 1,667. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan
bahwa thitung > ttabel (2,98 > 1,667) maka hipotesis diterima.
Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif
yang signifikan model pembelajaran Inquiry dan model Problem Based Learning
terhadap hasil belajar siswa. Dan hasil belajar dengan menggunakan model
pembelajaran Inquiry lebih tinggi dengan persentase peningkatan hasil belajar
sebesar 31,20% dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan
model Problem Based Learning dengan persentase peningkatan hasil belajar
sebesar 27,27% pada mata pelajaran menangani Kewirausahaan kelas X SMK-2
YAPIM Simpang Kawat T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ADP 027 |
Keywords: | Model Pembelajaran Inquiry; Model Pembelajaran Problem Based Learning;Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Aug 2016 08:03 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 08:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14935 |