Nainggolan, Puji Ervinna (2016) PENGARUH KETERAMPILAN GURU MENGELOLA KELAS DAN KONSEP DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 SIBOLGA T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 7122141038 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
NIM 7122141038 APPROVAL SHEET LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (950kB) | Preview
NIM 7122141038 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
NIM 7122141038 PREFACE.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
NIM 7122141038 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
NIM 7122141038 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
NIM 7122141038 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
NIM 7122141038 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
NIM 7122141038 BAB I.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
NIM 7122141038 BAB V.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
NIM 7122141038 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa yangrendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan guru mengelola kelas dan konsep diri terhadap hasil belajar siswa di SMK Negeri 1 Sibolga T.P 2015/2016
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Sibolga yang beralamat di Jln Dr. Ferdinan L. Tobing No. 33 Sibolga. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP SMK Negeri 1 Sibolga dengan jumlah 70 orang siswa. Teknik penggambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Teknik Random sampling dengan sampel 36 responden. Teknik pengumpulan datamenggunakan angket sebanyak 22 butiryang dinyatakan valid dan reliabeldengan Alpha Cronbach 0,809 untuk variabel keterampilan guru mengelola kelas dan 0,715 untuk variabel konsep diri.Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier berganda, koefisien determinasi (R2), uji t dimana uji ini dilakukan untuk menjawab hipotesis secara parsial, dan uji F dilakukan untuk menjawab hipotesis secara simultan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa persamaan regresi linier berganda pada penelitian ini yaitu, Y= 2.382 +0647X1+0,484X2. Untuk koefisien determinasi denganAdjusted R Squaresebesar 0,938 atau sebesar 93,8%, sedangkan uji t menunjukkan nilai thitung6,756dengan sig 0,000 untuk uji hipotesis 1 dan nilai thitung5,936dengan sig 0,000 untuk uji hipotesis 2. Selanjutnya uji F diperoleh nilai Fhitung267,568 dengan sig0,000buntuk uji hipotesis 3.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara keterampilan guru mengelola kelas dan konsep diri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bekerjasama dengan kolega dan pelanggan di SMK Negeri 1 Sibolga. Saran peneliti dalam penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan gutu dalam mengelola kelas dan konsep diri siswa agar hasil belajar siswa dapat lebih baik kedepannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ADP 029 |
Keywords: | Keterampilan Guru Mengelola Kelas; Konsep Diri; Hasil Belaja |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Aug 2016 07:31 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 07:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14928 |