Sembiring, Agustinus (2016) STUDI KOMPARASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MENGELOLA PERTEMUAN/ RAPAT DI SMK SWASTA BERSAMA BERASTAGI, T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123141002 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 7123141002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (436kB) | Preview
4. NIM. 7123141002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
3. NIM. 7123141002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
5. NIM. 7123141002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
6. NIM. 7123141002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 7123141002 GRAFIC.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM. 7123141002 TABLE.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM. 7123141002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
13. NIM. 7123141002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
14. NIM. 7123141002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Explicit Instruction pada Mata Pelajaran Mengelola Pertemuan/Rapat di SMK Swasta Bersama, Berastagi T.P 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Bersama Berastagi yang beralamat di Jl. Djamin Ginting, Simpang Ujung Aji, Kec. Berastagi Kabutapen Karo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AP SMK Swasta Bersama Berastagi. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah total sampling dimana sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas. Kelas XI AP 1 sebagai kelas eksperimen I dan kelas XI AP 2 sebagai kelas eksperimen II. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa tes pilihan berganda pada mata pelajaran mengelola pertemuan/rapat dengan jumlah soal 20 butir. Data yang diperoleh diuji dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan ada perbedaan hasil belajar dengan menggunakan 2 model yang berbeda.
Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa yang berbeda dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning memperoleh rata-rata 83,00 dengan Standar Deviasi 7,23 dan Eksplicit Instruction memperoleh rata-rata 79,50 dengan Standar Deviasi 6,68. Hasil pengujian Hipotesis yang diperoleh > yaitu 2,219 > 1,99 dengan df = 77 dan taraf signifikansi 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dan Eksplicit Instruction pada mata pelajaran mengelola pertemuan/rapat di SMK Swasta Bersama Berastagi, T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ADP 024 |
Keywords: | Model Pembelajaran Project Based Learning; Eksplicit Instruction; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2831 Administrative personnel |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Aug 2016 04:39 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 04:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14922 |