Purba, Subriani (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN THINK PAIR AND SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK NEGERI 1 JORLANG HATARAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123341110 COVER.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
2. NIM 7123341110 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4. NIM 7123341110 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
3. NIM 7123341110 PREFACE.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
5. NIM 7123341110 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
6. NIM 7123341110 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 7123341110 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 7123341110 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM 7123341110 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
13. NIM 7123341110 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
14. NIM 7123341110 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kewirausahaan siswa
kelas X Ak SMK Negeri 1 Jorlang Hataran. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dengan Think
Pair and Share terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan di
SMK Negeri 1 Jorlang Hataran T.P 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Jorlang Hataran yang
beralamat di Jln. Besar Parapat Dolok Marlawan Kec. Jorlang Hataran, Kab.
Simalungun. Populasi dalam peneltian ini terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa
50 siswa. Dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas.
Kelas X AK 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 25 orang yang diajarkan
dengan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Think Pair and
Share dan kelas X AK 2 sebagai kelas kontrol sebanyak 25 siswa yang diajarkan
dengan metode konvensional. Teknik pengumpulan data untuk mengukur hasil
belajar digunakan tes dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal. teknik
analisis data dilakukan melalui langkah-langkah menentukan rata-rata hitung,
varians, dan standar deviasi. Selanjutnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji
normalitas, uji homogenitas, setelah itu melakukan pengujian hipotesis.
Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pre-test dan post-test dengan
model pembelajaran Problem Based Learning dengan Think Pair and Share =
37,20 dan 79,40 dengan standar deviasi = 8,00 dan 9,609 dan nilai pre-test dan
post-test siswa yang menggunakan metode konvensional 30,00 dan 69,00 dengan
standar deviasi 7,359 dan 8,660. Hipotesis penelitian diuji dengan uji t dan
diperoleh thitung sebesar 4,0310 > ttabel 1,676 pada taraf signifikan 95 % dan α =
0,05 yang berarti hipotesis diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan
signifikan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Think Pair and
Share terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK
Negeri 1 Jorlang Hataran T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2916 ADP 032 |
Keywords: | Model pembelajaran Problem Based Learning; Think Pair and Share; Metode Konvensional; Hasil belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Aug 2016 04:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 04:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14921 |