Silaban, Maria Magdalena (2016) HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KONSEP DIRI DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN DI SMK NEGERI 7 MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123141078_COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM.7123141078_LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (535kB) | Preview
4. NIM. 7123141078_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
3. NIM. 7123141078_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
5. NIM. 7123141078_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
6. NIM. 7123141078_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 7123141078_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 7123141078_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 7123141078_BAB I.pdf - Published Version
Download (589kB) | Preview
13. NIM.7123141078_BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14. NIM. 7123141078_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kemandirian belajar dan konsep diri dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kearsipan di kelas X SMK Negeri 7 Medan T.P. 2015/2016
Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMK Negeri 7 Medan T.P. 2015/2016 yang beralamat di Jl. STM No. 12E Kampung Baru, Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 7 yang berjumlah 59 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, angket/kuesioner dan dokumentasi untuk menjaring nilai hasil belajar siswa.
Dari hasil analisis data yang dilakukan untuk menguji hipotesis dengan menggunakan uji koefisien korelasi berganda diperoleh Rhitung > Rtabel (0,791 > 0,256). Sedangkan untuk menguji hipotesis secara parsial (Uji t) diperoleh thitung X1 = 5,765 dan thitung X2 = 7,370 dengan ttabel yang sama sebesar 2,002. Sehingga dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel. Dan untuk menguji hipotesis secara simultan (Uji F) diperoleh Fhitung sebesar 46,796 sedangkan Ftabel sebesar 3,16 dengan taraf signifikan 95%. Hal tersebut menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel (46,796 > 3,16). Berdasarkan hasil uji hipotesis di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dan konsep diri dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kearsipan di SMK Negeri 7 Medan T.P. 2015/2016. Dengan demikian maka hipotesis yang menyatakan “terdapat hubungan yang positif dan siginifikan antara kemandirian belajar dan konsep diri dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kearsipan di SMK Negeri 7 Medan T.P 2015/2016” dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ADP 031 |
Keywords: | Kemandirian Belajar; Konsep Diri; Hasil belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Aug 2016 03:54 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 03:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14914 |