Saragih, Mona Yessica (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SMA NEGERI 1 PADANG TUALANG T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123341070 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 7123341070 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (538kB) | Preview
4. NIM. 7123341070 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
3. NIM. 7123341070 PREFACE.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
5. NIM. 7123341070 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
6. NIM. 7123341070 TABLE.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 7123341070 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 7123341070 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (469kB) | Preview
13. NIM. 7123341070 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM. 7123341070 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Ekonomi siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Padang Tualang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Padang Tualang T.P 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Padang Tualang yang beralamat di Jl. Batang Serangan Kec. Padang Tualang, Kab. Langkat. Populasi dalam peneltian ini terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 80 siswa. Dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas. Kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 40 siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Discovery Learning dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol sebanyak 40 siswa yang diajarkan dengan model konvensional. Teknik pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar digunakan tes dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal. Teknik analisis data dilakukan melalui langkah-langkah menentukan rata-rata hitung, varians, dan standar deviasi. Selanjutnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas, setelah itu melakukan pengujian hipotesis.
Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pre-test dan post-test yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) = 44 dan 85,125 dengan standar deviasi = 12,512 dan 6,649 dan nilai pre-test dan post-test siswa yang menggunakan model konvensional = 43,875 dan 77,375 dengan standar deviasi 12,983 dan 7,924. Hipotesis penelitian diuji dengan uji t dan diperoleh thitung sebesar 4,751 > ttabel 1,667 pada taraf signifikan 95 % dan α = 0,05 yang berarti hipotesis diterima.
Dengan demikian disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Discovery Learning dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar siswa ekonomi pada pokok bahasan Bank kelas X IPS SMA Negeri 1 Padang Tualang T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ADP 020 |
Keywords: | Model pembelajaran Discovery Learning dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning; Model Konvensional; Hasil belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Aug 2016 03:42 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 03:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14912 |